banner lebaran

Dekranasda Pesisir Selatan Bangun Kampung Batik di Lumpo

363

PESISIR SELATAN — Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), tidak hanya mendukung kerajinan batik yang ada di Lumpo, Kecamatan IV Jurai, tetapi juga turut membuat sebuah kampung yang disebut dengan Kampung Batik. 

Ketua Dekranasda Pesisir Selatan, Lisda Hendrajoni, mengatakan sebelumnya kampung batik telah diluncurkan dengan diresmikannya pemasangan gapura beberapa waktu lalu.

“Jadi, tujuan kita membuat kampung batik itu sebagai bentuk kepedulian dan keinginan pemerintah untuk tetap melestarikan batik yang ada di Pesisir Selatan,” katanya, ketika di hubungi dari Padang, Selasa (30/1/2018).

Nantinya, dengan adanya kampung batik, tidak hanya menjadi sebuah kampung yang menghasilkan kerajinan batik saja, tetapi juga akan membuat kampung batik menjadi sebuah wisata yang mencari batik Pesisir Selatan, yakni batik tanah liek.

Kampung Batik yang ada di Lumpo, juga turut melibatkan beberapa kenagarian yang ada di Lumpo, di antaranya Kenagarian Limau Gadang, Kenagarian Balai Senayan, Kenagarian Ampuan.

“Sejauh ini, masyarakatnya sangat antusias dengan adanya Kampung Batik itu. Memang hal itu yang kami harapkan. Dengan adanya Kampung Batik juga mampu mendorong semangat bagi masyarakat untuk mengrajin,” ucapnya.

Lisda menyebutkan, batik yang ada di Lumpo memiliki ciri khas pewarnaan alaminya seperti kulit rambutan, kulit jengkol, gambir, dan hal lainnya.  Sedangkan untuk pemasaran hasil batik di Pesisir Selatan, Dekranasda melakukan kerja sama dengan pihak bank yang ada di Pesisir Selatan, dan melalui Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Sumatera Barat.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumbar, Zirma Yusri, mengatakan perajin batik di Sumbar terbilang cukup banyak, yang tersebar di sejumlah kabupaten dan kota. Di antaranya di Pesisir Selatan, Sawahlunto, Sijunjung, Tanah Datar, dan beberapa kabupaten dan kota lainnya.

“Kita tentunya mendukung adanya pihak-pihak yang turut peduli dengan kerajinan di Sumbar. Karena, Pemprov berharap kerajinan di Sumbar terus tumbuh dan berkembang,” ujarnya.

Batik-batik yang ada di Sumbar ini beragam, tapi memang batik tanah liek yang merupakan produk budaya Minangkabau yang dimiliki oleh Sumatera Barat. Batik tanah liek pun ada di Solok Selatan, Pesisir Selatan, dan di daerah lainnya.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.