banner lebaran

Diskominfo Kabupaten Badung Anggarkan Rp30 Miliar untuk Internet Gratis

42

MANGAPURA — Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung, Bali telah menganggarkan dana Rp30 miliar pada Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018 untuk proyek pemasangan jaringan internet secara gratis di daerah itu.

“Tujuan kami melakukan pemasangan internet gratis ini untuk menerapkan ‘smart city’ yang berbasis teknologi yang semuanya dapat dinikmati masyarakat Badung secara cuma-cuma,” kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Badung I Wayan Weda Darmaja saat dihubungi di Mangupura, Jumat.

Diskominfo Badung berencana memasang kurang lebih 1.900 jaringan internet (Wifi) itu yang tersebar di sejumlah titik strategis, seperti sekolah (SD dan SMP) di Badung, puskesmas, kantor camat, kantor desa, dan banjar.

Untuk jumlah pemasangan jaringan internet gratis itu, lanjut Weda, dipasang kurang lebih 892 titik di Badung.

“Untuk saat ini, kami sedang melakukan tahap lelang, setelah itu baru dilakukan pemasangan jaringan internet ini,” ujarnya.

Setelah jaringan Wifi gratis itu dapat digunakan, pihaknya mengharapkan agar masyarakat menggunakan sebaik-baiknya.

Ia menjelaskan pemerintah daerah setempat ingin memfasilitasi kebutuhan masyarakat untuk mewujudkan “kota pintar” (smart city) itu ke depannya.

Diskominfo Badung juga telah memasang sejumlah pohon plastik yang tersebar di beberapa lokasi strategis di Badung yang dapat dipergunakan untuk pemasangan “Closed Circuit Television” (CCTV).

Untuk jumlah CCTV yang sudah terpasang di Kecamatan Kuta mencapai 78 titik dengan jumlah 100 kamera, sedangkan di Kuta Utara ada 68 kamera.

Pada 2018, Diskominfo Badung kembali memfokuskan pemasangannya CCTV di Puspem Badung dan rumah sakit yang totalnya mencapai 385 kamera pengintai, sehingga total keseluruhan CCTV milik Pemkab Badung hampir 500 unit (Ant).

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.