Diskominfo Sumbar Gunakan Server Khusus Amankan Dokumen Penting

198

PADANG — Gedung Komunikasi dan Informasi (Kominfo) yang dimiliki Pemerintah Provinsi Sumatera Barat dilindungi dengan menggunakan server khusus. Alasan diperlukannya server khusus itu, mengingat dokumen yang ada di Gedung Kominfo tersebut merupakan data-data penting.

Kepala Dinas Kominfo Sumbar Yeflin Luandri menjelaskan server khusus itu tepatnya berada dilantai II. Di sana ada ruangan data base untuk penempatan server untuk menyimpan dukumen surat menyurat di lingkungan Provinsi Sumbar.

“Kedepannya akan kita lengkapi dan perluas karena data dokumen ini perlu penyimpanan yang sangat besar,” ujarnya, Senin (29/1/2018).

Menurutnya, dengan adanya server surat menyurat maupun dokumen tersebut, semua data dan informasi akan tersimpan dan terlindungi dengan baik. Apabilan nanti ada persoalan yang berkaitan dengan hukum nantinya, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa mendapatkan datanya di Diskominfo Sumbar.

Bahkan, seperti yang telah diterapkan Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Sumbar terkait pengurusan perizinan sudah memakai elektronik, nantinya juga akan disinkronisasi dengan server di Diskominfo.

“Jadi, segala yang berurusan dengan perkantoran di Sumbar akan tersimpan dalam satu server,” ungkapnya.

Tak hanya itu, kata Yeflin, dengannya server khusus dimaksud, resiko akan kehilangan surat dapat diminialisir. Karena, dokumen surat yang hilang dapat dicari dengan adanya server tersebut. Sehingga apabila terjadi kehilangan, cukup membuka server yang telah ada di Diskominfo.

Sementara itu, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat persemian Gedung Komimfo menyampaikan adanya gedung tersebut, dapat memberikan segala kebutuhan yang diperlukan masyarakat maupun OPD terkait dengan informasi. Apalagi, gedung ini dilengkapi dengan server database untuk menyimpan doukumen penting.

“Untuk itu, kita berharap dengan telah diresmikan penggunaan gedung baru ini meskipun sudah digunakan sejak tahun 2017 lalu, dan baru sekarang peresmiannya dapat memberikan semangat baru bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) Diskominfo Sumbar dan pengelola IT dalam bekerja,” jelasnya.

Selain itu, Gubernur juga mengapresiasi kinerja Diskominfo Sumbar yang terus bekerja di tengah keterbatasan, karena merupakan OPD yang baru di lingkungan Provins Sumbar, namun terus berinovasi dengan memberikan pelayanan ke masyarakat.

Baca Juga
Lihat juga...