GM Ngurah Rai: Kunjungan Wisman 2017 Meningkat 17,4 Persen

34

BADUNG — Sepanjang2017 kemarin pihak PT. Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai mencatat jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) mencapai 5,960 juta orang. Dari jumlah tersebut jumlah kunjungan wisatawan sekitar 17,4 persen dari tahun sebelumnya dengan periode yang sama yaitu tercatat 5,076 juta kunjungan wisatawan.

“Hasil profiling wisman 2017 menunjukkan wisman dari China adalah yang paling banyak datang ke Bali. Jumlahnya 1,38 juta atau tumbuh 43,4 persen dibanding tahun sebelumnya,” ucap General Manager PT Angkasa Pura I Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, Yanus Suprayogi kepada Cendana News Jumat Sore (19/1/2017).

Yanus menambahkan, bahwa dari semakin positifnya kunjungan wisman yang melalui bandara yang terletak di Badung Bali ini mencatat penumpang asal China menempati posisi tertinggi. Ia kembali menerangkan bahwa karakter wisman China yang berlibur ke Bali adalah tipe rombongan.

“Mereka berlibur ke Bali rombongan dengan menggunakan pesawat charter dan tahun lalu kami memang menerima banyak penerbangan charter dari kota-kota besar di China, Termasuk penambahan rute baru untuk penerbangan regular,” terang Yanus.

Yanus menjelaskan kabar positif ini disebakan oleh para airline memang seolah berlomba-lomba menerbangkan armadanya dari dan ke China antara lain tujuan Beijing, Chengdu, Pudong Guangzhou, Hangzhou, Zhengzhou dan kota-kota lainnya di China. Di samping itu, para pelaku pariwisata di Bali juga sangat gencar melirik pasar wisman asal Negara Tirai Bambu itu.

Berbeda dengan China, wisman asal Australia mengalami sedikit penurunan di mana pada 2016 berjumlah 1,08 juta menjadi 1,07 juta orang pada 2017. Sedangkan India yang masuk dalam urutan tertinggi ketiga mengalami peningkatan yang sangat siginifikan yaitu dari 179 ribu menjadi 266 ribu wisman. Tumbuh hampir 49 persen.

“Walaupun sempat mengalami penurunan, tetapi secara keseluruhan jumlah wisman yang datang ke Bali pada 2017 ini berhasil memenuhi target yang ditetapkan oleh Kementerian Pariwisata. Bahkan capaiannya 8 persen di atas target,” pungkasnya.

General Manager PT Angkasa Pura Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali, Yanus Suprayogi-Foto: Sultan Anshori.
Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.