banner lebaran

INKRA Garden, Wisata Kekinian Berkonsep Taman Bunga

202

LAMPUNG — Intai Krakatau atau disebut INKRA Garden mejadi salah satu tempat wisata untuk menikmati akhir pekan di Lampung Selatan. Suasana alam pegunungan tersebut terletak di Desa Hargo Pancuran Kecamatan Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan.

Loka Kusumawati (32), pemilik ide sekaligus pengelola taman bunga yang ada di lereng Gunung Rajabasa menyebutkan, banyak sekali yang dapat dinikmati di obejk tersebut, di antaranya pemandangan alam pegunungan dan gugusan Kepulauan Krakatau.

Loka menceritakan, awalnya ia bersama adiknya, Atmatri Hidayati (27) yang sering berwisata melihat potensi wisata yang ada di Lampung dan khusus di Lampung Selatan didominasi dengan wisata laut. Hal tersebut memberikan tantangan tersendiri untuk membuat objek wisata berkonsep alam pegunungan.

Dari sanalah ia mulai memanfaatkan lahan yang dimiliki orang tuanya seluas luas tiga perempat hektar dengan potensi alam yang berhawa sejuk.

sebelumnya lokasi tersebut merupakan areal kebun ditanami berbagai jenis tanaman di antaranya kakao, pisang, jagung serta berbagai tanaman kayu jenis sengon. Areal perkebunan yang semula hanya kebun biasa dikonsep menjadi wisata alam edukasi. Ia terus mengembangkan objek wisata INKRA tersebut sejak tahun 2016.

“Konsep lokasi wisata yang kita buat memang memadukan keindahan alam yang memiliki manfaat dan pengunjung bisa sekaligus belajar menggunakan berbagai tanaman untuk obat sembari berkekiling,” terang Loka saat ditemui Cendana News, Minggu (14/1/2018).

Loka Kusumawati, pengelola taman INKRA di Desa Hargopancuran Desa Rajabasa Kabupaten Lampung Selatan [Foto: Henk Widi]
Ia bersama sang ayah, Bambang (63) mulai membersihkan lahan dan membuat sejumlah fasilitas di antaranya rumah pohon, taman bunga dengan puluhan jenis, gazebo, rumah panggung untuk pertemuan hingga rumah piramid untuk berswa foto dan mini labirin.

Selanjutnya penataan taman tersebut dipadukan dengan kontur alam berbukit dan lereng dengan jalan setapak berundak-undak yang sebagian berpagar bunga adas-adasan.

INKRA disebutnya berdekatan dengan lokasi pemantauan Krakatau dan kantor Desa Hargo Pancuran yang terletak di jalan lingkar pesisir bisa ditempuh selama 45 menit dari kota Kalianda dan sekitar 20 menit dari pelabuhan Bakauheni membuat lokasi mudah di jangkau.

Pada sepanjang bulan Januari bahkan pengunjung bisa sembari menikmati sajian buah buahan segar di antaranya durian, kelapa muda serta buah buahan segar.

Objek wisata INKRA menurut Loka sementara dibuka setiap hari Sabtu dan Minggu dan hari libur nasional dengan tarif masuk Rp5.000 untuk membantu biaya perawatan dan penambahan bunga bunga yang sebagian masih didatangkan dari wilayah lokal Lampung Selatan.

Ke depan berbagai jenis bunga disebutnya akan ditambah di beberapa sudut untuk semakin mempercantik suasana destinasi wisata berkonsep taman.

Ezra salah satu pengunjung di taman bunga INKRA menyebut lokasi tersebut menjadi salah satu objek wisata alternatif akhir pekan untuk bersantai seharian dengan suasana alam dan bunga sembari melihat pemandangan alam ke laut Selat Sunda.

Selain bisa menikmati suasana alam pedesaan dari rumah panggung di taman INKRA juga disediakan play ground untuk anak anak.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.