Kapal Pencari Ikan Sibolga Hilang Saat Melaut

Ilustrasi kapal nelayan/Foto: Dokumentasi CDN.

SIBOLGA – Sebuah kapal pencari ikan berkapasitas GT 34 milik UD Sinar Mas asal Kota Sibolga, Sumatera Utara dinyatakan hilang di perairan laut Aceh. Kapal yang hilang tersebut diketahui memiliki nomr lambung 359 PPJ.

Humas UD Sinar Mas Aswin Nasution mengatakan, kapal tersebut telah dinyatakan hilang kontak sejak 3 Januari 2018 sekira pukul 03.00 WIB dini hari. Kapal tersebut berangkat dari TPI yang ada di Pondo Batu pada 27 Desember 2017 menuju lautan.

“Dan tanggal 3 Januari 2018 kami kehilangan kontak sampai sekarang. Ada sebanyak 28 orang ABK dan seorang menumpang dari laut,” ujar Aswin, Jumat (12/1/2018).

Aswin menjelaskan, kabar kehilangan kapal tersebut telah langsung dilaporkan ke pihak terkait. Namun hingga Jumat (12/1/2018) belum ada kabar baik yang diterima.UD Sinar Mas disebut telah berkoordinasi dengan sejumlah instansi terkait, termasuk ke Mabes Polri dalam hal tersebut.

Dari upaya tersebut, diharapkan ada upaya cepat yang dapat dilakukan dalam melakukan pencarian. Beberapa pihak yang dilapori diantaranya, TNI Angkatan Laut, Basarnas, Polisi Air, Mabes Polri, dan kabar masih tetap di 94 bujur barat, 1 derajat lintang selatan, daerah Simu, masuk wilayah Aceh.

Aswin menyebut, pihaknya juga terus melakukan pencarian dengan mengirimkan kapal-kapal lain menuju titik kordinat kontak terakhir. Proses pencarian sudah dilakukan sejak 6 Januari 2018. Dan prosesnya, menjadi tanggung jawab penuh dari UD Sinar Mas. “Ada 20 pongpong yang berangkat, dan dua kapal Tongkol kita, ikut juga abang kandungnya Razali (tekong kapal),” pungkasnya. (Ant)

Komentar