Kodim Tobelo Gandeng Distan Kembangkan Jagung

53

TERNATE — Komando Distrik Militer (Kodim) 1508/Tobelo, Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara (Malut) menggandeng Dinas Pertanian (Distan) setempat mengembangkan tanaman jagung di wilayah Halmahera Utara.

Dandim 1508/Tobelo Letkol Arh Herwin Budi Saputra di Ternate, Sabtu, menyampaikan bahwa Tupoksi TNI khususnya satuan kewilayahan dalam hal ini Kodim 1508/Tobelo membantu pemerintah pusat maupun daerah untuk ikut menjaga kedaulatan dan ketahanan, khususnya bidang Ipoleksosbud Hankam di antaranya adalah ketahanan pangan guna dijadikan dukungan logistik wilayah dalam keadaan apapun di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hal tersebut ditandai dengan pelaksanaan panen raya jagung di atas lahan seluas 15 hektare yang dikelola oleh kelompok tani binaan Kodim 1508/Tobelo di Desa Wari Kecamatan Tobelo.

Dimana, kegiatan panen raya tersebut turut dihadiri Kadistan Provinsi Maluku Utara Idham Umasangaji, Dandim 1508/Tobelo Letkol Arh Herwin Budi Saputra, Kadistan Kabupaten Halut Ir. Valentino Leiwakabessy, para Kabid dan penyuluh serta kelompok tani.

Sementara itu, Kadistan Provinsi Malut Idham Umasangaji ketika dihubungi menyampaikan apresiasinya atas capaian program Upsus Pajale di Halut ini berkat sinergitas TNI dalam hal ini Kodim 1508/Tobelo, Distan Halut dan kelompok tani itu sendiri, meskipun belum memenuhi target 100 persen.

“Saya harap kedepannya kami akan terus perbaiki dari pengalaman sebelumnya, sementara itu pemerintah telah mengangkat 31 tenaga penyuluh pertanian di Halut semoga keberadaan mereka dapat dimaksimalkan dalam mencapai target yang lebih baik,” katanya.

Dia menambahkan, Halmahera Utara ini memang memiliki komoditas pertanian terbaik khususnya jagung, namun kami masih melihat banyaknya lahan-lahan subur yang masih kurang produktif yang perlu mendapatan perhatian dari kami untuk meningkatan jumlah produksi. [Ant]

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.