Komisi III DPRD Biak Numfor Tuntut Pembayaran Honor Guru Kontrak

139

BIAK — Ketua Komisi III DPRD Kabupaten Biak Numfor, Papua, Benyamin Maran meminta jajaran dinas pendidikan Biak untuk menyelesaikan pembayaran honor guru kontrak tahun 2017.

“Dalam dokumen anggaran dinas pendidikan dialokasikan dana untuk guru kontrak tahun 2017, ya jumlahnya sangat besar mencapai miliaran rupiah,” tegas Ketua Komisi III DPRD Biak Benyamin Maran di Biak, Minggu.

Menurutnya, nasib guru kontrak yang sudah mengabdi dan melaksanakan tugas belajar mengajar di berbagai sekolah di Biak sangat menyedihkan, karena dinas pendidikan belum membayar upah mereka.

Benyamin menyatakan ia sebagai wakil rakyat sangat prihatin dengan status guru kontrak karena hak honornya belum dibayar.

Komisi III DPRD Biak yang menangani masalah pendidikan telah menerima aspirasi masalah penyelesaian honor guru kontrak tahun 2017 tersebut.

Benyamin berharap masalah status guru kontrak bisa dituntaskan tahun ini sehingga tidak menganggu kelancaran proses belajar mengajar siswa di sekolah setempat.

Sebelumnya, Pelaksana Tugas Bupati Biak Herry Ario Naap mengatakan pembayaran honor status guru kontrak tahun 2017 tidak dapat direaliasikan karena pemkab lewat dinas pendidikan belum mengeluarkan surat keputusan tenaga guru kontrak.

“Pemkab Biak Numfor sudah mengkonsultasikan masalah status guru kontrak ke insttusi Kejaksaan Negeri, ya untuk pembayarannya honornya tidak bisa direasikan karena pemkab Biak tak punya dasar hukum untuk membayarnya,” ujar Plt Bupati Herry Ario Naap.

Berdasarkan data, seratusan guru kontrak yang mengajar di berbagai sekolah di Kabupaten Biak Numfor masih menunggu pembayaran hak honor mereka selama satu tahun terhitung Januari-Desember 2017.[Ant]

Baca Juga
Lihat juga...