KPU Minahasa Tenggara Sosialisasikan Perpanjangan Pendaftaran Calon

55

MINAHASA TENGGARA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa Tenggara menyosialisasikan perpanjangan pendaftaran peserta pilkada menyusul hanya ada satu pasangan bakal calon yang mendaftar.

“Kami menyosialisasikan ada perpanjangan pendaftaran ini, karena sampai akhir pendaftaran normal yakni 8 sampai 10 Januari lalu, hanya satu pasangan bakal calon yang mendaftar,” kata Ketua KPU Ascke Benu di Ratahan, Minggu.

Dia menuturkan sosialisasi tersebut diikuti oleh pasangan bakal calon, partai politik pengusung, dan melibatkan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) dan pers.

Sementara itu, Komisioner KPU Kabupaten Minahasa Jhonly Pangemanan menjelaskan, perpanjangan tersebut mengaju pada Surat Edaran KPU RI Nomor 38/PL.03.2-SD/06/KPU/I/2018.

Selain itu, lanjutnya, perpanjangan pendaftaran tersebut berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) 14 Tahun 2015 yang mengatur mekanisme pemilihan kepada daerah hanya satu pasangan bakal calon dan PKPU 15 Tahun 2017 tentang Perubahan terhadap PKPU 3 Tahun 2017.

“Sesuai dengan aturan yang ada, kami akan mulai melakukan sosialisasi terkait perpanjangan masa pendaftaran selama tiga hari. Namun sebelum dilakukan sosialisasi kami sudah pleno penundaan tahapan terlebih dahulu,” katanya.

Sedangkan untuk proses pendaftaran calon, menurut Jhonly, berdasarkan peraturan akan dilaksanakan selama tiga hari, setelah dilakukan sosialisasi atau akan dimulai pada tanggal 14 sampai 16 Januari 2018. [Ant]

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.