Kunjungan Wisata ke Tanah Laut Tembus 149.035 Orang

PELAIHARI – Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Tanah Laut (Tala), Kalimantan Selatan, Akhmad Khairin, mengatakan, selama momen liburan Natal 2017 dan tahun baru 2018, kunjungan masyarakat yang berlibur ke berbagai destinasi wisata di Tala mencapai 149.035 orang.

Menurut dia, realisasi itu jauh lebih besar dibanding kunjungan di momen serupa tahun 2017 yang hanya mencapai sekitar 120.000 orang. “Ini merupakan pencapaian yang cukup bagus. Artinya Kabupaten Tala sudah mampu menjual berbagai destenasi wisata unggulannya, agar didatangi oleh masyarakat Banua,” kata Akhmad Khairin di Pelaihari, Rabu (3/1/2018).

Dia optimis di masa depan pergerakan ekonomi di Kabupaten Tala bisa berkembang tidak hanya mengandalkan sumber daya alam, namun bisa ditopang oleh sektor pariwisata. Karena itulah, Akhmad terus menggenjot arus kunjungan pelancong ke berbagai destinasi wisata di Tanah Laut, tidak sekedar momen libur lebaran.

Pihaknya membenahi infrastruktur pendukung destinasi wisata yang sudah lebih dulu eksis, baik berupa infrastruktur jalan hingga fasilitas umum. Ia mengatakan, orang mau mendatangi sebuah destinasi wisata bukan saja karena pemandangan alamnya, tapi kelengkapan fasilitas pendukungnya.

“Karena itulah kita terus lengkapi secara bertahap, agar masyarakat tertarik dan betah saat mengunjunginya,” ujar dia.

Kemudian, Akhmad terus mengeksplor berbagai destinasi wisata baru agar masyarakat mendapat banyak pilihan saat mengunjungi berbagai destinasi wisata di Kabupaten Tala. Sejauh ini, sudah ada beberapa destinasi wisata baru yang ditawarkan, di antaranya Danau Boom dan Pantai Turki.

“Nah ini akan terus kita tambah lagi nantinya agar masyarakat makin banyak pilihan,” kata Akhmad Khairin.

Anggota DPRD Kalsel Daerah Pemilihan Banjarbaru dan Kabupaten Tanah Laut, Misri Syarkawie berharap, ada upaya yang lebih serius dari Pemkab Tala untuk bisa mendorong makin bergeliatnya sektor pariwisata di kabupaten setempat.

Karena dirinya menilai jika sektor ini bisa dimaksimalkan, tentunya akan membuat geliat ekonomi di Tala bisa makin berkembang. Bahkan jauh lebih merata dibanding mengandalkan sektor sumber daya alam.

“Salah satu caranya adalah bisa dengan membuat Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) yang khusus menangani pariwisata milik Pemkab Tala. Dengan dikelola secara lebih profesional, saya meyakini akan bisa mendorong makin bergeliatnya sektor pariwisata di Tala di masa depan,” kata politikus Partai Golkar tersebut.

Pantai Takisung di Kecamatan Takinsung, Kabupaten Tanah Laut ketika momen liburan dipenuhi pelancong. Foto: Istimewa/Humas Pemkab Tanah Laut
Lihat juga...