hut

Lurah Pisang Selatan Beri Contoh Kepedulian Lingkungan

MAKASSAR—Menjaga kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab bersama. Lebih baik lagi kalau kepedulian terhadap lingkungan dicontohkan oleh pemimpin warga.

Lurah Pisang Selatan, Kota Makassar Andi Rina memperlihatkan teladan itu. Dia bukan saja memantau langsung kegiatan kebersihan di wilayahnya. Dia bahkan ikut membantu bawahannya.

Rabu, (17/1/2018), ketika hari masih pagi, ketika Cendana News melihat sendiri perempuan itu sibuk memberihkan salah satu got yang ada di wilayahnya. Tampak saluran air itu tersebut dipenuhi sampah-sampah plastik yang menyumbat got.

Rina tidak gentar dengan hujan yang sedang turun. Dia tetap memperlihatkan semangatnya bekerja. Dia menjelaskan jika tidak dibersihkan sehari saja maka sampah-sampah ini akan menumpuk di wilayahnya.

“Setiap hari saya menurunkan dua orang petugas kebersihan untuk mengambil sampah-sampah yang ada di wilayahnya. Saya ikut membersihkan got-got yang ada di Kelurahan Pisang Selatan ini,” ungkap Rina di sela aktivitasnya pada Cendana News.

Setiap pagi dan sore Andi Rina mengerahkan dua unit Fukuda menyusuri lorong-lorong yang ada di Kelurahan Pisang Selatan.

Fukuda ini bertugas mengangkut sampah warga yang ditaruh di depan rumah.

Selain itu juga menyiapkan petugas kebersihan Andi Rina juga memperkerjakan seseorang untuk menyapu jalanan besar yang ada di kelurahan Pisang Selatan.

Tidak heran jika, kami bertandang ke wilayah Kelurahan Pisang Selatan tidak didapati sampah. Sejauh mata memandang pemukimantertata, rapi dan bersih.

Andi Rina menambahkan jika kita mau tinggal di tempat yang nyaman, kebersihan lingkungan perlu untuk diperhatikan.

“Menciptakan suasana yang bersih harus dimulai dari diri kita sendiri agar masyarakat di sini peduli akan kebersihan. Saya harus juga ikut serta sehingga dapat menjadi contoh”. tuturnya.

Warga melihat Andi Rina begitu memperhatikan kebersihan akan lingkungan. Akhirnya mereka sadar dan ikut membantu. Lurah itu menuluarkan kepedulian terhadap lingkungan kepada warganya.

Di setiap hari Minggu, warga Kelurahan Pisang Selatan melakukan kerja bakti membersihkan saluran air dan jalan-jalan di depan rumah masing-masing.

Untuk mendukung program kebersihan di wilayahnya Andi Rina mengadakan dua unit bank sampah untuk warganya. Hal ini untuk menyadarkan masyarakatnya agar sampah bukanlah sesuatu yang kotor. Sampah juga dapat bernilai ekonomis jika diolah menjadi sesuatu yang dapat digunakan.

“Biasanya saya memberitahu ibu-ibu di sini kalau ada sampah plastiknya bisa dikumpulkan. Sampah plastik ditukarkan di bank sampah kalau bisa juga kita buat kerajinan dari barang tidak terpakai tersebut,” jelasnya.

Salah seorang petugas kebersihan sedang berkerja di Kelurahan Pisang Selatan-Foto: Nurul Rahmatun Ummah.
Lihat juga...