NTB Tuan Rumah Popwil 2018

835

MATARAM — Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) jadi tuan rumah perhelatan Pekan Olahraga Pelajar Antar Wilyah (Popwil). Kegiatan ini juga dalam rangka kualifikasi untuk Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2018.

“Setelah menunggu sekian lama, NTB oleh Kemenpora ditunjuk jadi tuan rumah Popwil 2018 dan kita siap mensukseskannya” kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) NTB, Husnanidiaty Nurdin di Mataram, Jumat (12/1/2018).

Ia mengatakan, sebagai tuan rumah yang diberikan kepercayaan, NTB tentu siap memastikan supaya pelaksanaan event besar tingkat pelajar tersebut bisa berlangsung sukses.

Dikatakan, selain sukses dari sisi penyelenggaraan, atlet-atlet dari NTB nantinya juga diharapkan bisa banyak menorehkan prestasi dan mampu bersaing dengan atlet pelajar dari daerah lain di Indonesia.

“Sebagai tuan rumah, tentu atlet dari kalangan pelajar yang akan diikutkan bisa banyak menorehkan prestasi, kalau tidak bisa juara umum, juara dua” katanya.

Hal itu bisa dilihat dari hasil Popwil IV yang berlangsung di Malang, Jatim pada 2016, di mana pada multi event yang diikuti delapan provinsi wilayah timur itu, NTB berada pada peringkat tiga besar nasional dengan mengoleksi 4 emas, 6 perak, dan 8 perunggu.

Peringkat pertama atau juara umum diraih Jatim setelah mendapatkan 21 medali emas, 5 perak, dan 7 perunggu. Namun kesempatan untuk menjadi tuan rumah akan dimanfaatkan dengan baik bisa menjadi yang terbaik.

Ketua KONI NTB, Andy Hadianto, dalam pelaksanaan Popwil nantinya, pihaknya akan memaksimalkan potensi atlet yang dibina Pemusatan Pendidikan Latihan dan Pelajar (PPLP) NTB.

“Sebanyak 52 atlet yang dibina di PPLP NTB bisa diandalkan untuk merebut medali di ajang Popwil, di mana cabor silat dan voli pasir selalu menyumbang medali,” ujar Andy.

Meski demikian cabor lain seperti tenis meja, tenis lapangan, sepak takraw, basket, sepak bola dan dan bulutangkis juga diharapkan dapat mempersiapkan atlet dengan baik agar bisa meraih kesuksesan pada event tersebut.

Terkait penyelenggaraan Popwil 2018 di NTB, KONI bersama Dispora NTB telah menetapkan jadwal Popwil 2018 di NTB akan dimulai 8-14 Juli 2018. Penetapan jadwal Popwil itu akan segera dilaporkan ke Kemenpora guna memastikan kesiapan anggaran dari pusat.

Baca Juga
Lihat juga...