Pantai Gesing, Mempesona dengan Kampung Nelayan di Ujung Barat Gunungkidul

400

YOGYAKARTA — Kabupaten Gunungkidul dikenal memiliki begitu banyak tempat wisata pantai dengan suasana dan panorama yang eksotis. Dari sekian banyak pantai itu, salah satu yang patut dikunjungi para pemburu wisata alam adalah pantai Gesing.

Pantai yang terletak di sisi paling barat Kabupaten Gunukidul ini, memiliki daya tarik tersendiri yang tidak ditemukan di pantai lainnya.

Pantai Gesing sendiri merupakan sebuah pantai pasir putih yang berada di sebuah teluk kecil. Menghadap langsung ke Samudera Hindia. Pantai ini diapit jajaran perbukitan kars yang menjulang.

Dari atas bukit sisi sebelah barat, pemandangan eksotis pantai Gesing akan terlihat jelas. Deretan perahu nelayan, terlihat bersandar di bibir pantai. Begitu pula hamparan biru samudera nan luas yang membentur jajaran perbukitan hijau pegunungan seribu.

“Pemandangan pantai disini sangat bagus. Untuk berenang di pantai juga aman karena ombaknya tenang. Yang paling penting akses menuju lokasi sangat mudah dan tidak terlalu jauh dari kota Jogja, jika dibandingkan pantai lainnya di Gunungkidul. Fasilitasnya juga sudah lengkap,” ujar salah seorang pengunjung asal, Kulonprogo, Dwi (28).

Sejumlah spot foto berupa jembatan dan gazebo untuk beristirahat di sekitar pantai/Foto: Jatmika H Kusmargana

Satu yang menarik dari pantai ini adalah warna air laut yang membentuk gradasi dari biru laut samudera Hindia ke hijau air laut di sekitar pantai. Saat senja tiba, taburan kemilau sinar sang Surya dapat dinikmati langsung dari atas bukit.

Tak hanya menawarkan pemandangan eksotis dari atas bukit di sisi pantai, pengunjung juga bisa berenang secara leluasa di bibir pantai. Adanya jajaran bukit di kedua sisi pantai seolah menjadi pemecah ombak alami yang melindungi bibir pantai dari ganasnya ombak laut selatan.

Tak sekedar berenang, pengunjung juga bisa melakukan aktifitas lain di pantai ini. Sebab sebelum dikenal sebagi lokasi wisata, pantai Gesing lebih dulu dikenal sebagai lokasi favorit memancing. Berbagai jenis ikan laut baik itu ikan konsumsi seperti layur atau tengiri, hingga ikan hias seperti botana atau butterflyfish dapat ditemukan di pantai ini.

Sementara untuk pecinta kuliner, berbagai macam olahan makanan khas pantai juga biasa anda cicipi di warung-warung sekitar lokasi. Hidangan seperti cumi asam manis atau ikan bakar tersedia disini.

Tak ketinggalan berbagai macam ikan segar tanggapan nelayan juga bisa menjadi buah tangan untuk dibawa pulang. Tak heran, mengingat pantai Gesing merupakan pantai yang dimanfaatkan sebagai tempat pendaratan ikan bagi nelayan yang memiliki fasilitas TPI.

Di sekitar kawasan pantai ini juga banyak ditemukan rumah-rumah yang merupakan pemukiman nelayan setempat. Pengunjung dapat berinteraksi langsung dengan para nelayan, untuk menyelami budaya dan kultur masyarakat posisir.

Berada di dusun Panjolomulyo, Girikarto, Panggang, Gunungkidul, pantai Gesing berjarak sekitar 35 kilometer dari kota Yogyakarta. Untuk mencapai lokasi, hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam dengan kendaraan menempuh rute Jogja-Imogiri-Selopamioro-Panggang.

Saat ini akses menuju pantai telah sepenuhnya diaspal mulus. Berbagai fasilitas juga telah dibangun sejak beberapa waktu terakhir. Mulai dari dibangunnya sejumlah jembatan di atas bukit yang langsung menghadap samudera, sejumlah gazebo untuk beristirahat, lokasi parkir, kamar mandi hingga mushola. Sejumlah penginapan atau losmen juga nampak sedang dibangun di sekitar lokasi.

Setiap pengunjung yang masuk ke lokasi pantai ini sendiri, hanya ditarik retribusi sebesar Rp6.000 per orang, termasuk biaya parkir.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.