banner lebaran

Pemprov Babel Siapkan 3,3 Juta Bibit Lada

109

PANGKALPINANG — Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyiapkan 3,3 juta bibit lada putih berkualitas untuk membantu petani meningkatkan produksi komoditas ekspor di daerah itu.

“Saat ini kami fokus pembibitan lada unggul jenis petaling, merapen dan nyelungkup untuk disalurkan kepada kelompok petani,” kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Kepulauan Babel Toni Batubara di Pangkalpinang, Jumat (12/1).

Ia menjelaskan bantuan bibit lada putih unggul ini berasal dari APBN dan APBD 2018 guna memotivasi petani mengembangkan usaha perkebunan dan panen berkualitas sehingga dapat mendongkrak harga komoditas itu di pasar nasional dan internasional.

“Kami menargetkan awal 2019 sebanyak 3,3 juta bibit lada unggul ini sudah disalurkan kepada kelompok tani,” katanya.

Dalam menyiapkan bibit berkualitas ini, pihaknya bekerja sama dengan Universitas Gadjah Mada Yogyakarta dan BPTP sehingga petani tidak perlu lagi kesulitan mendapatkan bibit untuk mengganti tanaman lada yang tidak produktif.

“Bibit lada ini sebagai penganti tanaman lada petani yang sudah tua tidak produktif yang mencapai ribuan hektare,” katanya.

Ia berharap dengan adanya bantuan ini dapat meningkatkan kuantitas dan kualitas panen lada petani, sehingga mendongkrak harga komoditas andalan daerah ini di pasar dunia.

“Saat ini harga lada putih masih berfluktuasi rendah, karena kualitas lada petani yang masih kurang bagus,” katanya (Ant).

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.