Pemprov Siap Bantu Rumah Rusak Akibat Gempa

94

JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta warganya untuk melaporkan jika bangunan yang mereka tinggali rusak akibat guncangan gempa Selasa, (23/1/2018). Pemerintah daerah disebutnya siap membantu warga korban bencan alam. 

“Kami minta untuk setelah kejadian dicek, bila ada masalah laporkan. Pemerintah siap bantu,” kata Anies di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Jumat (26/1/2018).

Anies mengatakan, pada saat gempa Dirinya ikut merasakan beberapa kali guncangan gempa di wilayah Jakarta dengan skala getaran yang cukup besar. “Bukan gedung saja tapi rumah-rumah yang ditinggali juga kalau ada kerusakan laporkan,” imbuhnya.

Sementara Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahudin Uno meminta ada laporan mengenai dampak gempa yang di rasakan warga Jakarta. Menurutnya, Pemprov DKI harus bekerja sama dengan pemilik gedung untuk memastikan gedung dan rumah, apalagi pada bangunan publik tetap dalam kondisi aman. “Kita akan bekerja sama dengan pemilik gedung, dunia usaha sekaligus akademisi. Memastikan gedung tersebut dalam kondisi prima,” ungkapnya.

Sandi berencana akan membuat satuan tugas (Satgas) pengecekan gedung-gedung di Ibu Kota untuk Memastikan gedung-gedung di Jakarta pada tahan guncangan gempa. “Harus ada pengecekan, kita nanti buat satgas untuk mengaudit supaya gedung yang dipakai sebagai fasilitas publik dipastikan aman,” jelasnya.

Sebelumnya diberitahukan, Badan Meteorogi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat pusat gempa berada di kedalam 11 km dengan jarak 79 km barat daya Lebak, Banten. Gempa bumi mengguncang Jakarta kembali terjadi tadi siang, Jumat (26/1/2018) pukul 11.48 WIB. Gempa berkekuatan 5,2 SR ini memang tak sekuat gempat pertama yang terjadi pada Selasa, 23 Januari 2018.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.