Penambahan Penerima Jamkesda Mukomuko Ditetapkan Februari

134

MUKOMUKO – Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengupayakan penambahan kuota penerima bantuan jaminan kesehatan daerah (Jamkesda). Ditargetkan penambahan data yang terintegrasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan dapat terealisasi pada Februari 2018.

Di Januari ini, Dinas Kesehatan setempat melakukan proses seleksi calon penerima bantuan. “Bulan Januari kami menyeleksi warga miskin yang menerima bantuan jaminan kesehatan daerah. Penetapannya bulan Februari tahun ini,” kata Kabid Pemberdayaan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Mukomuko Melia Padjriani di Mukomuko, Sabtu (13/1/2018).

Pemerintah daerah setempat di 2018 mengalokasikan dana sebesar Rp1,7 miliar untuk menambah kuota penerima bantuan jaminan kesehatan. Dengan alokasi dana tersebut diharapkan jumlah penerima bantuan menjadi 5.773 orang warga miskin. Jumlah tersebut meningkat 200 orang dari data penerima bantuan sebelumnya yang hanya sebanyak 5.573 warga.

Para penerima bantuan jaminan kesehatan di 2017 yang sebanyak 5.573 warga miskin yang datanya sudah terintegrasi dengan BPJS dipastikan akan kembali menerima jaminan kesehatan gratis di tahun ini. “Dinkes menggunakan data keluarga warga miskin yang memegang kartu keluarga sejahtera (KKS) sebagai penerima bantuan jaminan kesehatan daerah,” sebut Melia.

Melia menyebut, ada sebanyak 4.000 keluarga warga miskin yang memegang KKS di daerah Mukomuko. Dari jumlah tersebut sebanyak 200 keluarga di antaranya akan menerima bantuan jaminan kesehatan daerah yang terintegrasi dengan BPJS kesehatan.

Dinkes Mukomuko sudah menetapkan pemegang KKS yang belum sama sekali menerima jaminan kesehatan daerah sebagai penerima bantuan berobat gratis. “Tidak semua pemegang KKS yang menerima bantuan ini, terutama yang belum pernah mendapatkan bantuan jaminan kesehatan daerah,” pungkasnya. (Ant)

Baca Juga
Lihat juga...