Perkedel Jagung, dari Sekedar Camilan Hingga Sayuran

191

LOMBOK — Jagung muda tidak saja enak direbus untuk dimakan sebagai camilan, tapi bisa juga diolah menjadi aneka makanan, jajanan dan sayuran. Salah satu adonan berbahan jagung muda yang banyak disukai masyarakat, adalah perkedel.

Hidangan perkedel jagung manis adalah sajian lezat. Sajian perekedel bisa dipadukan dengan sajian lauk pauk lain, tidak hanya itu, untuk digado sendiri pun hidangan ini benar-benar nikmat, tambahkan sambal pedas ketika menyantap agar rasanya semakin nikmat dan enak.

Sajian perkedel biasa dibuat ibu rumah tangga, terutama pada masyarakat pedesaan saat musim panen jagung muda di ladang sekarang ini, sebagai cara lain menghidangkan jagung muda untuk dikonsumsi selain direbus biasa, baik sebagai sayuran maupun camilan biasa.

“Jagung muda, terutama jagung manis, selain direbus, paling enak dibuat jadi adonan perkedel, anak – anak biasanya lebih suka sebagai sayuran atau camilan ringan,” kata ibu Naya, ibu rumah tangga Desa Banyu Urip, Kabupaten Lombok Tengah, Sabtu (27/1/2018).

Menurutnya jagung yang diolah menjadi perkedel lebih disukai anak – anak, karena dicampur dengan bumbu seperti bawang, cabai dan penyedap rasa lain, membuat perkedel jagung terasa lebih enak dan lezat.

Selain memang jagung yang dibuat jadi adonan perkedel memang masih segar, karena dipetik langsung dari ladang atau sawah. Untuk kebutuhan jagung sebagai bahan adonan perkedel sendiri, tergantung kebutuhan.

“Kalau membuat perkedel sekedar dijadikan lauk, dibuat paling sedikit, antara lima sampai sepuluh biji jagung muda segar, tapi kalau membuat sekaligus sebagai camilan, jagung segar disiapkan banyak, belasan hingga puluhan biji,” katanya.

Misnah, ibu rumah tangga lain mengatakan, untuk membuat perkedel jagung, pilih jagung beberapa jagung segar sesuai kebutuhan. Jagung segar yang telah dikupas kulitnya kemudian diiris menggunakan pisau menjadi bagian kecil.

Jagung yang telah diiris menjadi bagian kecil kemudian, dipilah menjadi dua bagian, bagian satu tetap dibiarkan menyerupai kerikil kecil, bagian kedua ditumbuk hingga halus, baru kemudian dicampur dengan bahan bumbu yang telah disiapkan.

Sehingga ketika dimasak nanti, sajian perkedel jagung ini akan memiliki tekstur yang renyah dan sedap dari butiran jagung yang masih segar.

“Supaya perkedel jagung terasa lebih gurih, bahan perkedel yang telah diaduk dan siap digoreng bisa dicampurkan dengan telur yang dikocok secukupnya, sesuai kebutuhan,” katanya.

Langkah selanjutnya siapkan wajan di atas kompor, masukkan minyak goreng kedalamnya dan tunggu hingga minyak panas secara merata. Sendokan campuran atau adonan jagung manis dengan menggunakan sendokkan sayur dan masukkan dalam minyak panas untuk kemudian siap digoreng hingga matang secara merata dan warnanya menjadi keemasan. Angkat jika sudah matang dan sajikan dalam piring hidangan ini akan siap disantap selagi hangat.

Baca Juga
Lihat juga...