Polda Sultra: Proses Pilkada Berlangsung Kondusif

120

KENDARI — Operasi Mantap Praja jajaran Polda Sulawesi Tenggara dalam menjaga pelaksanaan dari proses pendaftaran hingga pemeriksaan kesehatan bagi calon kepala daerah dan wakil kepala daerah serentak di Sultra berjalan dengan kondusif dan aman.

Kabid Humas Polda Sultra AKBP Sunarto di Kendari Minggu mengatakan, selama tiga hari pelaksanaan pendaftaran peserta Pilkada, hingga tes kesehatan dan hari ini memasuki tes psikolog belum ditemukan adanya kejadian yang menonjol, malah sebaliknya kondisi daerah masih terkendali.

“Syukur Alhamdulillah, hingga hari ini proses tes psikologi di salah satu hotel bagi 15 pasangan calon berjalan aman dan damai,” ujarnya seraya menambahkan bahwa untuk menjaga pelaksanaan tersebut polisi menempatkan sedikitnya 50 personel.

Data yang ada di Kepolisian menyebutkan, total seluruh peserta Pilkada di Sulawesi Tenggara sebanyak 15 pasangan calon yang terdiri dari enam pasangan calon Pilwali kota Baubau, empat pasangan calon Pilkada Kabaupaten Konawe, dua pasangan Calon Pilkada Kabupaten Kolaka serta tiga pasangan calon Pemilihan Gubernur Sultra.

Ia mengatakan, pada saat pemeriksaan kesehatan di RSUD Bahteramas, polisi menyiagakan 25 orang personel, sedangkan pada pemeriksaan narkoba di BNNP Sultra polisi menempatkan 10 personel. Mengingat calon rombongan setiap peserta Pilkada yang datang sedikit.

“Dari rangkaian pendaftaran ini semua bisa berjalan dengan baik. Ini semua berkat kerja sama Polri, TNI, mitra kerja dan termasuk dukungan masyarakat. Sampai saat ini berjalan dengan kondusif dan damai,” jelas AKPB Sunarto.

Ia juga menambahkan bahwa pada saat KPU sudah menetapkan calon tetap, maka akan ditempatkan dua personel untuk mengawal setiap peserta pilkada, baik calon kepala daerah maupun wakilnya. Penjagaan tersebut melekat dan polisi akan berada di dekat calon peserta pilkada tersebut setiap saat. [Ant]

Baca Juga
Lihat juga...