hut

Polres Flotim Luncurkan Aplikasi ‘Flop Line’

LARANTUKA –  Dalam rangka mendukung tugas dan fungsi pelayanan kepolisian kepada masyarakat, Polres Flores Timur meluncurkan aplikasi Flop Line (Flotim Police Online) dan Call Center 110 Polres Flotim, dan menjadi Polres kedua di NTT setelah Polres Belu yang menggunakan aplikasi ini.

“Polres Flotim merupakan Polres kedua di NTT yang meluncurkan aplikasi Flop Line setelah Polres Belu. Dengan adanya aplikasi ini, tentunya akan mendekatkan komunikasi masyarakat dengan kepolisian,” ujar Kapolres Flotim, AKBP Ari Vaviriyanto SH., M.Si., Rabu (3/1/2018).

Kapolres Flores Timur AKBP Ari Vaviriyanto, SH. -Foto: Ebed de Rosary

Melalui aplikasi berbasis Android ini, kata Ari, Polres Flotim juga turut serta berpartisipasi mendukung visi misi pemerintah kabupaten Flotim menyejahterakan rakyat dalam bingkai ‘Desa Membangun Kota Menata’.

“Aplikasi ini memiliki fitur kecelakaan, yaitu fitur yang berisi laporan dari masyarakat, bila menemukan kasus kecelakaan baik di jalan, laut maupun di pegunungan dan fitur kebakaran, yaitu fitur berisi laporan dari masyarakat bila menemukan kasus kebakaran,” terangnya.

Juga terdapat fitur kejahatan, berisi laporan dari masyarakat bila menemukan kasus tindak kejahatan, fitur SP2HP yang berisi laporan perkembangan kemajuan penanganan suatu kasus kepada pelapor serta fitur SKCK (Surat Keterangan Catatan Kepolisian) berisi pendaftaran SKCK secara online untuk memudahkan masyarakat.

“Aplikasi ini juga memiliki fitur SIM (Surat Ijin Mengemudi), berisi pendaftaran SIM secara online dan fitur berita Flotim atau Tribratanewspolresflotim yang berisi berita-berita seputar kegiatan Polres Flotim,” terangnya.

Berbagai fitur tersebut termasuk Call Center 110, tegas Ari, membantu masyarakat bisa terhubung dengan kepolisian setiap saat. Adanya fitur ini juga memudahkan masyarakat dalam mendapatkan pelayanan dari Polres Flotim.

Flop Line adalah satu dari delapan program Flotim Hebat Polres Flotim di mana Flotim Hebat akronim dari Humanis, Edukatif, Bersahabat, Aman dan Tertib. Tujuh program Flotim Hebat lainnya yakni Pos Jiwa, Pos Jagung Titi, Pos Kopi Manis, Pos Berkewai, Postoh, Bae Nagi dan Pana Elang,” paparnya.

Wakil Bupati Flores Timur, Agustinus Payong Boli, SH., memberikan apresiasi atas dilucurkannya aplikasi ini, sehingga bisa mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan dari Polres Sikka.

Agus, sapaannya, meminta agar masyarakat khususnya yang bermukim di desa-desa bisa memanfaatkan sebaik mungkin aplikasi ini, agar bisa menghemat biaya dan waktu dengan bolak-balik ke kantor Polres Sikka mengurus berbagai persyaratan.

“Adanya aplikasi ini juga bisa membantu masyarakat dan pemerintah daerah, sebab bila keamanan bisa terjamin, maka pemerintah bisa fokus melaksanakan pembangunan dengan baik,” pungkasnya.

Lihat juga...