Puksesmas Kopeta Maumere Terakreditasi ‘Madya’

620

MAUMERE – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kopeta di kompleks Perumnas Maumere, Kelurahan Madawat, Kabupaten Sikka, meraih peringkat madya dalam akreditasi yang dilakukan Kementerian Kesehatan RI pada 2017 lalu, berdasarkan surat yang dikeluarkan Komisi Akreditasi FKTP Kementerian Kesehatan RI tanggal 11 Desember 2017.

“Kami merasa bangga sekali bisa meraih prestasi ini, dan ini  di luar perkiraan kami. Setiap pegawai saling telepon mengabarkan prestasi yang telah kami capai ini dan ini merupakan keberhasilan sebuah perjuangan,” sebut Irmina K. Derosari, A.Md. Keb., Pelaksana Harian Kepala Puskesmas Kopeta, Jumat (12/1/2018).


Irmina K. Derosari, A.Md. Keb., (duduk kanan) bersama para pegawai dan staf Puskesmas Kopeta Perumnas, kelurahan Madawat, kabupaten Sikka. -Foto: Ebed de Rosary

Irmina mengatakan, pihaknya mengajukan tahun 2016 dan mulai melakukan persiapan bulan Februari 2017, mulai melakukan penggalangan komitmen internal dan eksternal lalu mengadakan kegiatan kemasyarakatan serta survey, guna meminta masukan masyarakat.

“Kami juga membuat kotak saran di 4 kelurahan, seperti Madawat, Kabor, Nangalimang dan Kota Uneng serta di Puskesmas sendiri yang dibuka sebulan sekali. Berdasarkan usul saran tersebut, kami melakukan perbaikan seperti petugas yang kurang ramah, kurang senyum dan kondisi bangunan, sehingga kami mulai lakukan perbaikan,” ungkapnya.

Puskesmas Kopeta, sebut Irmina, merupakan Puksesmas rawat jalan dan memiliki beberap poliklinik pelayanan kesehatan dan untuk persalinan bisa dilakukan rawat inap. Bila setelah persalinan membutuhkan perawatan dan ada hal yang luar biasa, maka pasien bisa menginap.

Dukungan lintas sektoral juga sangat bagus dan berperan, dimana Puskesmas Kopeta memiliki badan peduli Puskesmas yang teridiri dari tokoh masyarakat yang peduli dengan keberadaan dan pelayanan. Jadi, masyarakat juga dilibatkan demi membantu Puksesmas Kopeta meraih prestasi yang lebih baik dalam segi pelayanan kesehatan.

“Masyarakat juga dilibatkan, sering ada karang taruna dan generasi muda ikut membantu membersihkan lingkungan Puskesmas Kopeta. Mimpi besar kami meraih akreditasi tertinggi, yakni paripurna sehingga semua elemen bergerak bersama bahu-membahu mencapai hasil yang diinginkan,” terangnya.

Puskesmas Kopeta, kata Irmina, juga sudah memiliki lokasi yang strategis di jalan El Tari samping kantor Dinas Kesehatan Sikka yang mudah-mudahan bulan April 2018 sudah bisa dibangun. Pihak Puskesmas juga berbenah, selain pelayanan juga fasilitasnya.

“Kemarin kami berpikir mendapat akreditasi Dasar, tapi ternyata mendapat peringkat Madya, sehingga kami bersyukur dan bangga. Lebih baik kami mencoba meraih dan mempertahankan ini yang berat, tetapi kami berkomitmen mencapai prestasi maksimal,” katanya.

Emilinda Elin, salah seorang pasien perempuan yang sedang mengandung saat ditemui Cendana News di lokasi Puskesmas Kopeta, mengatakan, pelayanan kesehatan di Puseksmas ini sudah lebih baik dari hari ke hari dan terlihat adanya perbaikan yang dilakukan.

“Pelayanan di sini selama saya berobat saya rasa bagus. Saya selalu berobat di Puskesmas Kopeta dan saya melihat adanya sejumlah perbaikan yang dilakukan terkait pelayanan kesehatan dan juga fasilitas yang tersedia di sini,” sebutnya.

Elin mengakui, selama proses kehamilan selalu memeriksakan dirinya ke Puskesmas Kopeta dan nantinya berencana melahirkan di RSUD TC Hillers Maumere. Dirinya yakin berobat di Puksesmas ini, sebab melihat selalu ada upaya meningkatkan pelayanan, di mana petugasnya pun lebih sopan dan ramah terhadap pasien.

Kementerian Kesehatan RI dalam suratnya tertanggal 11 Desember 2017 mengeluarkan daftar status kelulusan akreditasi Puskesmas di provinsi NTT, di mana terdapat 7 Puskesmas, yakni Puskesmas Fatumnutu di kabupaten Timor Tengah Selatan, serta 6 Puskesmas lainnya, yakni Lekebai, Watubaing, Waigete, Waipare, Kopeta dan Wolomarang di kabupaten Sikka.

Puskesmas Fatumnutu, Lekebai dan Kopetas mendapat peringkat Madya, sementara Puskesmas Watubaing, Waigete, Kopeta dan Wolomarang mendapat nilai peringkat Dasar. Tingkatan akreditasi Puskesmas yang merupakan salah satu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) ada 4, yakni Dasar, Madya, Utama dan Paripurna.

Baca Juga
Lihat juga...