Relawan Dikerahkan Antisipasi Arus Balik di Pelabuhan Bakauheni

LAMPUNG – Puluhan relawan dikerahkan oleh PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni saat arus balik liburan bagi pengguna jasa pelayaran kapal roll on roll (Roro) yang akan menyeberang dari Pelabuhan Bakauheni menuju ke Pelabuhan Merak Banten.

Almar (19) salah satu relawan menyebut, ditugaskan untuk membantu para penumpang yang akan membeli tiket pejalan kaki di lobi pembelian tiket dengan didominasi oleh masyarakat yang berlibur dari sejumlah kota di Lampung.

Sugeng Purwono, Manajer Operasional PT. Indonesia Ferry Persero cabang Bakauheni [Foto: Henk Widi]
Para relawan yang menggunakan baju warna merah dengan tulisan di punggung “Tanya Saya” tersebut, diakui Almar, bertugas selama arus balik liburan sejak (1/1/2018) hingga (2/1/2018) dengan lokasi penempatan di lobi tiket penjualan tiket, ruang tunggu penumpang serta tangga gangway.

Beberapa relawan disebut Almar, memiliki tugas menolong sejumlah penumpang yang membawa rombongan dan mengarahkan penumpang ke loket pembelian tiket selama arus balik liburan berlangsung.

“Beberapa penumpang ada yang menyeberang membawa barang bawaan cukup banyak sehingga perlu dibantu bahkan ada penumpang yang harus menunggu kita arahkan untuk istirahat sejenak. Sembari menikmati sajian makanan dan minuman ringan gratis,” terang Almar, salah satu relawan yang tengah melayani salah satu penumpang yang akan menyeberang dengan pemberian makanan dan minuman gratis di loket pembelian tiket pelabuhan Bakauheni, Selasa (2/1/2018).

Relawan menyediakan pelayanan pemberian makanan ringan dan air minum gratis bagi calon penumpang pejalan kaki yang akan membeli tiket penumpang [Foto: Henk Widi]
Para relawan tersebut diakui oleh Almar merupakan warga yang berasal dari wilayah Kecamatan Penengahan, Bakauheni dan Kalianda yang sengaja ditempatkan selama arus balik liburan dengan tujuan membantu penumpang. Terlebih pada arus balik libur tahun baru yang masih terus mengalir di pelabuhan penyeberangan Bakauheni.

Manager Operasional PT. ASDP Indonesia Ferry cabang Bakauheni, Sugeng Purwono, menyebut keberadaan para relawan tersebut diakuinya merupakan bentuk pelayanan kepada pengguna jasa pelabuhan penyeberangan. Khususnya bagi penumpang pejalan kaki. Lonjakan arus penumpang pejalan kaki yang akan menyeberang dari Pulau Jawa ke Pulau Sumatera disebutnya mengalami puncak pada Senin (1/1/2018) bertepatan dengan libur awal tahun.

“Keberadaan relawan memang sangat membantu bagi calon penumpang pejalan kaki, apalagi saat kondisi lonjakan penumpang terjadi di lobi pembelian tiket banyak penumpang yang memerlukan bantuan,” terang Sugeng Purwono.

Keberadaan relawan tersebut, diakui Sugeng Purwono yang merupakan manajer operasional PT. ASDP Banyuwangi Jawa Timur sangat membantu penumpang yang akan menyeberang. Berdasarkan rekapitulasi data posko angkutan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 ia memastikan, puncak arus liburan sudah terjadi pada (1/1/2018) dengan jumlah penumpang yang diseberangkan mencapai 54.711 dengan rincian 41.494 penumpang pejalan kaki sebanyak 13.217.

Jumlah tersebut diakuinya lebih tinggi dibanding hari-hari sebelumnya dengan kisaran penumpang dalam kendaraan hanya berjumlah sekitar 21.393 hingga 30.184 orang per hari. Demikian juga jumlah penumpang pejalan kaki yang berjumlah 5.589 orang hingga 13.217 orang sehingga dipastikan lonjakan pada angka 41.494 merupakan angka tertinggi selama beberapa hari liburan.

“Puncaknya hari ini merupakan data rekapitulasi sejak tadi malam hingga. Sementara sisa penumpang berangsur akan berkurang hingga akhir pekan ini,” terang Sugeng Purwono.

Selain penumpang pejalan kaki dan di dalam kendaraan, Sugeng Purwono menyebut, jumlah kendaraan yang diseberangkan dari Bakauheni menuju ke Merak jenis roda dua puncak lonjakan terjadi hingga Senin malam (1/1/2018) dengan jumlah mencapai 4.912 unit. Melonjak signifikan dibandingkan hari sebelumnya dengan rata-rata per hari hanya mencapai angka 618 unit hingga 2.380 unit per hari.

Secara keseluruhan ia menyebut, sepanjang arus liburan selama dua pekan sejak (18/12/2017) hingga (1/1/2018) PT. ASDP Indonesia Ferry telah menyeberangkan sebanyak 518.346 penumpang. Dengan rincian penumpang pejalan kaki berjumlah 105.676 pejalan kaki, penumpang dalam kendaraan berjumlah 412.670 penumpang. Kendaraan roda dua yang sudah diseberangkan berjumlah sebanyak 18.436 unit, kendaraan roda empat sebanyak 50.124 unit, bus sebanyak 4.482 unit, dan truk sebanyak 28.273 unit.

Relawan menyediakan pelayanan kepada penumpang dengan memberikan makanan dan minuman gratis serta mengarahkan penumpang ke gangway [Foto: Henk Widi]
Lihat juga...