Sandiaga Sebut Ada Kenaikan Kemacetan di Tanah Abang

182

JAKARTA – Pemda DKI mengakui adanya kenaikan tingkat kemacetan di Tanah Abang pasca penataan yang dilakukan di kawasan Jalan Jatibaru. Wakil Gubernur DKI Sandiaga Uno menyebut, data di Pemda DKI ada kenaikan sebesar 12 persen.

Data tersebut berbeda dengan yang dikeluarkan Direktorat Lalulintas Polda Metro Jaya. Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra sebelumnya menyebut, sejak penataan di Tanah Abang dengan menempatkan PKL di Jalan Jatibaru Raya terjadi kenaikan angka kemacetan hingga 60 persen.

“Yang kami ingin lihat secara detail adalah data-data yang dimiliki teman-teman Ditlantas yang naik 60 persen karena dari periode uji coba sama sebelumnya. Data kami, ada kenaikan 12 persen dari sebelumnya,” kata Sandiaga di tengah-tengah kunjungan kerja ke Pulau Bidadari, Kabupaten Kepuluan Seribu, Senin (29/1/2018).

Kendati demikian ,Sandiaga mengklaim, kemacetan di kawasan Tanah Abang sempat mengalami penurunan di periode Oktober hingga Desember 2017. Pun demikian, Wakil Gubernur DKI menyebut, akan melakukan evaluasi dengan membandingkan kedua data tersebut.

“Kami akan sandingkan datanya, mudah-mudahan bisa terkoordinasi dan kami akan dengarkan rekomendasi dari teman-teman Ditlantas,” ucapnya.

Salah satu fakta yang diherankan Wakil Gubernur DKI adalah, adanya kenaikan kemacetan, namun juga ada peningkatan penumpang bus Tanah Abang explorer. Data terakhir penumpang bus khusus tersebut mencapai 19.000 orang perhari. “Headway di Tanah Abang Explorer itu dengan 19.000 ribu berarti kan cepat, sekitar 30 menit mereka mengangkut itu,” ucapnya.

Dengan situasi yang ada Sandiaga menyebut, akan meminta Dinas Perhubungan DKI untuk melakukan evaluasi. Upaya tersebut dilakukan dengan mencermati juga masukan dari Ditlantas. “Setelah di sini saya berikan instruksi untuk melihat, menyandingkan data dengan data yang dimiliki oleh teman-teman di Dirlantas,” pungkasnya.

Sebelumnya Polda Metro Jaya merekomendasikan agar Jalan Jatibaru Raya, Tanah Abang kembali dibuka. Rekomendasi tersebut mempertimbangkan kondisi yang terjadi pasca penataan PKL Tanah Abang. Pihak kepolisian pun mengklaim kemacetan di Tanah Abang mengalami peningkatan setelah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan penataan di Tanah Abang dengan menempatkan PKL di Jalan Jatibaru.

Baca Juga
Lihat juga...