Taman Hewan Pematangsiantar Masih Jadi Favorit Liburan

PEMATANGSIANTAR – Taman Hewan Pematang Siantar (THPS) masih menjadi pilihan utama bagi masyarakat di Sumatera Utara untuk mengisi waktu liburan tahun baru. Sarana yang ada dimanfaatkan untuk berkumpul dan bercengekarama masyarakat bersama keluarga masing-masing.

Warga Kecamatan Siantar, Kabupaten Simalungun Robbu Darmawan (43) menyebut, Dia datang bersama keluarga ke THPS. Selain untuk berkumpul dengan keluarga memanfaatkan suasana teduh, kunjungan dimanfaatkan pula untuk mengenalkan hewan kepada anggota keluarga yang masih anak-anak.

Selain itu, keberadaan sarana seperti taman bermain dan kolam renang juga menambah pilihan hiburan yang bisa diperoleh di THPS. “Banyak manfaatnya berkunjung ke sini,” kata Robbi , Senin (1/1/2018).

Manager THPS Khoiruddin menyebut, pihaknya berkomitmen untuk memberikan tempat hiburan sekaligus edukasi bagi pengunjung. Taman hewan secara berkala melakukan pembenahan fasilitas untuk memberikan kenyamanan dan rasa aman dari tindak kriminal dan hewan buas.

Khoiruddin menyebutkan, pada 23-31 Desember 2017, kunjungan ke lembaga konservasi yang dikelola PT Unitwin Indonesia pimpinan H Rahmat Shah tersebut mencapai 32.000-an orang. “Awal tahun 2018 sekitar 16.000-an,” kata Khoiruddin.

Sementara itu, objek wisata perairan Danau Toba di kawasan Parapat dan Tiga Ras, Kabupaten Simalungun, Sumatera Utara, pada Senin (1/1/2018) juga ramai dikunjungi wisatawan.

Gubuk sederhana yang menjadi tempat pengunjung beristirahat sambil menikmati perairan Danau Toba di sepanjang pantai penuh dengan pesanan. Karena padatnya pengunjung, wisatawan yang membawa kendaraan harus berputar-putar di wilayah Kelurahan Tiga Raja, Parapat, Kecamatan Girsang Sipangan Bolon, untuk mendapatkan lokasi parkir.

“Kami sudah menyiapkan puluhan lokasi parkir, tetapi tetap saja masih kurang,” kata Ferris Donni Sinaga seorang pelaku usaha setempat.

Sementara Polres Simalungun mendirikan pos pelayanan di pintu gerbang kota dan menempatkan personel di persimpangan untuk kelancaran arus lalu lintas. Pengunjung juga meramaikan objek wisata alam di Bukit Simarjarunjung, air terjun Bah Biak, pemandian kolam, dan tanaman teh di Sidamanik. (Ant)

Lihat juga...