Tingkatkan Budaya Membaca, Pemkot Balikpapan Manfaatkan Tempat Keramaian

BALIKPAPAN — Agar masyarakat dapat mengakses perpustakaan digital yang dimiliki Pemerintah Kota Balikpapan, sejumlah tempat keramaian akan dipasang akses internet (wifi). Perpustakaan digital yangg dimiliki pemerintah kota adalah iBalikpapan yang sudah dapat diakses sejak pertengahan 2017.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Balikpapan, Heri Misnoto menjelaskan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan budaya membaca yaitu dengan memasang akses internet di sejumlah titik keramaian.

“Nanti kita akan bekerja sama dengan Kominfo Balikpapan untuk memasang wifi di taman tersebut, dengan harapan masyarakat bisa membaca buku di Ibalikpapan,” paparnya Kamis, (18/1/2018).

Pemasangan akses internet di sejumlahh titik keramaian itu untuk memudahkan masyarakat dalam mengakses ibalikpapan. Namun, akses wifi yang dipasang nantinya sangat terbatas karena tidak semua bisa akses.

“Nanti masyarakat hanya bisa membuka ibalikpapan seperti tujuannya adalah untuk memudahkan masyarakat mengakses perpustakaan digital. Jadi tidak semua akses nanti bisa dibuka,” pungkas mantan Kepala Dinas Pasar Balikpapan.

Tidak hanya mempermudah akses masyarakat untuk membaca buku di iBalikpapan, Menurut Heri, salah satu upaya yang dilakukan perpustakaan daerah untuk membantu masyarakat yang tinggal jauh dari Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan.

“Kalau mereka ke perpustakaan harus menempuh jarak jauh. Jadi kita mempermudah mereka dengan akses ini,” sebutnya.

Heri memperkirakan pemasangan wifi dilakukan pada triwulan pertama 2018 dan dapat terealisasi pada triwulan kedua. Rencananya tahap awal dipasang di Taman Tiga Generasi Balikpapan dan kawasan itu sangat berdekat lokasi sekolah.

Lihat juga...