UMKM Kudus Genjot Promo Pasar Online

KUDUS – Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menargetkan pasar daring atau online untuk mempromosikan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kudus bisa dioperasikan pada akhir Januari 2018.

“Saat ini, aplikasi pasar daring sudah dibuat dan hanya menunggu standar operasional prosedur dalam menjalankan pasar daring tersebut,” kata Kepala Bidang Fasilitasi Perdagangan, Promosi dan Perlindungan Konsumen pada Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Imam Prayitno di Kudus, Senin.

Menurut dia, ada beberapa aturan yang harus dipersiapkan, karena nantinya dalam bertransaksi pembayaran melalui rekening masing-masing pedagang atau harus melalui rekening yang disediakan Dinas Perdagangan.

Selain itu, kata dia, soal sponsor juga harus dibuat aturannya agar tidak muncul permasalahan.

Setelah semua aturan disiapkan, langkah selanjutnya Dinas Perdagangan akan mendatangi masing-masing pelaku UMKM untuk diajak memasarkan produk melalui pasar daring UMKM.

“Pelaku UMKM tidak perlu menyediakan foto dari masing-masing produknya sendiri, karena kami telah menyediakan fotografer untuk mengambil gambar masing-masing produk yang akan dipromosikan,” ujarnya.

Lihat juga...