18 Puskesmas di Balikpapan Berhasil Terakreditasi

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

309

BALIKPAPAN — Kepala Dinas Kesehatan Kota Balikpapan, Balerina KPP menuturkan, sebagian besar puskesmas yang ada di wilayah tersebut sudah terakreditasi. Tepatnya 18 dari 27 Puskesmas yang ada.

“Tujuan utama dari akreditasi puskesmas adalah untuk pembinaan peningkatan mutu, kinerja melalui perbaikan yang berkesinambungan terhadap sistem manajemen, sistem manajemen mutu dan sistem penyelenggaraan pelayanan dan program, serta penerapan manajemen risiko,” ungkapnya saat ditemui di Balikpapan, Rabu (28/2/2018).

Untuk terakreditasi terdapat beberapa hal yang harus dipenuhi. Yakni, standar administrasi dan manajemen, standar program dan standar pelayanan puskesmas.

“Ada tiga hal yang menjadi perhatian untuk menuju akreditasi. Kita lakukan pembinaan selama enam bulan. Selama tahapan berlangsung, dinas kesehatan akan mendampingi dan puskesmas harus memperbaiki seluruh pelayanannya,” ucapnya didampingi Pelayanan kesehatan tradisional dan mutu pelayanan kesehatan, DKK Balikpapan, Sirajuddin.

Ia menambahkan manfaat akreditasi untuk memperkuat kepercayaan masyarakat terhadap fasilitas pelayanan kesehatan.

“Tentu manfaatnya akan lebih banyak yang lebih pada mutu dan dan kualitas pelayanan kesehatan,” tambahnya.

Untuk 2019 pihaknya menargerkan semuanya sudah terakreditasi. Selain itu, kedepannya klinik swasta juga terakreditasi. “Tapi persyaratannya masih menunggu. Nanti kita lihat lagi karena tahun ini masih lihat jadwalnya dan protab nya seperti apa,” tutupnya.

Baca Juga
Lihat juga...