30 Persen Prodi PTS di Kalimantan Masih Akreditasi C

Editor: Koko Triarko

226
Kepala Kopertis Wilayah XI Kalimantan, Prof. Idianoor Wahyuddin. –Foto: Arief Rahman

BANJARMASIN – Kepala Kopertis Wilayah XI Kalimantan, Prof. Idianoor Wahyuddin, mengklaim sekitar 30 persen program studi (prodi) yang dimiliki oleh perguruan tinggi swasta (PTS) di Kalimantan masih terakreditasi C.

Masih tingginya akreditasi C dari prodi ini cukup mendapat perhatian serius pihaknya, mengingat sangat berpengaruh terhadap kualitas sumber daya manusia (SDM) yang dihasilkan PTS.

“Dari sekitar 168 PTS di Kalimantan, hampir 30 persen prodinya terakreditasi C. Kalau akreditasi di tingkat prodi saja masih C, bagaimana mungkin akreditasi fakultas hingga PTS dapat meningkat?” jelasnya, Kamis (15/2/2018).

Menurutnya, masih tingginya akreditas C di Prodi PTS yang ada di Kalimantan, kebanyakan lebih disebabkan kurangnya upaya pihak PTS untuk meningkatkan kualitas prodinya, baik dengan meningkatkan pendidikan dosen, kurikulum hingga fasilitas infrastruktur pendukung pendidikan.

“PTS jangan hanya bisa bikin program studi, namun lalai dalam memanajemen dan meng-upgrade-nya. Jangan fokus hanya cari untung saja, tanpa memperdulikan akreditasinya,” tegasnya.

Pihaknya untuk bisa mendorong lebih banyak prodi di PTS naik akreditasinya, terus melakukan terobosan. Salah satunya dengan memberikan pendampingan pada PTS yang ingin meningkatkan akreditasi prodi yang masih bernilai C.

“Kita ingin menuntaskan dengan secepat-cepatnya akreditasi prodi yang masih C tersebut. Hal ini penting agar kualitas lulusan dari PTS yang hasilkan, bisa bersaing dengan PTN maupun PTS dari luar pulau Kalimantan,” pungkasnya.

Baca Juga
Lihat juga...