Ame Penjual Sparepart Sepeda Onthel Orisinal Antik

Editor: Mahadeva WS

1.111

JAKARTA – Jika Anda penyuka sepeda kayuh atau onthel, datanglah ke depan Plaza Indonesia. Disini kita dapati banyak sepeda kayuh yang ditata berjejer oleh komunitas Koba (Komunitas Onthel Betawi).

Di lokasi tersebut juga dapat ditemui aktivitas penjualan sparepart dan aksesoris khusus sepeda onthel. Kita akan menemukan nuansa dan suasana jaman tempo doeloe. “Saya jualan disini sudah cukup lama sejak tahun 2010, “ kata Ame, penjual sparepart dan aksesoris khusus sepeda onthel, kepada Cendana News, di depan Plaza Indonesia, Jakarta, Minggu (4/2/2018).

Lebih lanjut, aktifis komunitas Koba itu menerangkan, Dia khusus menjual sparepart dan aksesoris sepeda kayuh yang orisinil. Dan untuk mendapatkan sparepart orisinil dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah. “Untuk mendapatkan yang orisinil, saya sampai hunting ke berbagai pelosok di Jawa Tengah hingga Jawa Timur, “ terang lelaki asli Betawi tersebut.

Harga jual sparepart sangat tergantung merek. Mulai dari merek Batavus, Burco, Burgers, DCR, Dewilde, Empo, Fongers, German, Gruno, Humber, Junker, Locomotief, Michelen, Opel, Phoenix, Simplex, Sparta, Union, Wilhelmina, harga jualnya bisa gila-gilaan sampai jutaan karena onderdilnya termasuk langka dan sulit didapatkan.

Yang paling dicari dan diburu kolektor barang antik itu merek-merek seperti Gazelle, Simplex, dan Humber. Ame menyampaikan ketika dulu Belanda datang ke Indonesia, alat transportasinya sepeda onthel. Sepeda-sepeda peninggalan jaman penjajahan Belanda tersebutlah yang saat ini masuk katagori barang antik.

Baca Juga
Lihat juga...