Anies Ingatkan Pentingnya Deteksi Dini Kanker

Editor: Koko Triarko

230

JAKARTA – Memperingati hari kanker sedunia, Gubernur DKI, Anies Baswedan, mengajak seluruh warga untuk mendeteksi kanker sejak dini yang menjadi dasar dan perhatian di dunia. 

“Hari ini kita mengadakan peringatan hari kanker sedunia. Saya sampaikan tadi, bahwa kita memperingati sesuatu, maka benar-benar jadi peringatan karena ini saya mengajak kepada semua untuk melihat hari kanker ini sebagai peringatan untuk melihat kondisi kita deteksi dini soal persoalan kanker,” kata Anies, di Museum Seni Rupa dan Keramik, kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, Selasa (13/2/2018).

Ia mengatakan, persoalan kanker menjadi dasar dan kalau diperhatikan di dunia ini salah satu penyebab kematian terbesar. Anies mengajak warga untuk selalu aktif melakukan pencegahan dini kanker, karena menurut data Dinas Kesehatan DKI, terdapat 3.900 jiwa yang meninggal karena kanker. Deteksi dini jadi kunci, karena mayoritas dari kejadian sulit disembuhkan karena tidak terdeteksi dini.

“Di DKI pada 2017, kanker sebagai penyebab kematian mengakibatkan 3.900 jiwa atau 14 persen dari total kematian adalah disebabkan kanker,” ujarnya

Anies melihat, kanker masih menjadi penyumbang kematian di dunia, bahkan di Indonesia, tidak terkecuali di Jakarta. Pemprov sendiri sudah memiliki program untuk mencegah kanker untuk usia dini dengan memberikan Vaksin HPV untuk anak sekolah Dasar (SD).

Dia juga meminta warga selalu sadar memeriksa kesehatan untuk mencegah dan mendeteksi secepat mungkin. Pemprov sendiri sudah memfasilitaskan dengan menyiapkan vaksin kanker di puskesmas secara gratis.

“Jadi, harapan jangan dilewatkan sebagai peringatan saja, saya mengajak ke seluruh warga yang membaca berita ini, yang mendengar, yuk bersiap, yuk lakukan deteksi dini. Kita akan fasilitasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) semuanya akan siap melayani bila warga ingin mendeteksi dini atas kanker serviks,” paparnya.

Dia pun menegaskan bahwa fasilitas di Puskesmas sudah lengkap dan tidak di pungut biaya. “Fasilitas kita lengkap dan, seperti diungkapkan kepala dinas datang ke puskesmas dan anda akan dilayani secara gratis untuk deteksi dini kanker,” imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan DKI Jakarta, Koesmedi, meminta masyarakat untuk rutin memeriksakan kesehatannya. Dia juga mengimbau datang ke puskesmas tidak hanya karena sakit. Tetapi, rutin memeriksakan kondisi tubuh, agar dalam keadaan yang sehat dari penyakit mematikan.

“Jangan datang ke puskesmas karena sakit, tapi untuk memeriksakan cek up kondisi tubuh kita agar kita datang tidak dalam keadaan terlambat,” ungkapnya.

Koesmedi menegaskan, bahwa puskesmas saat ini sudah dilengkapi dengan alat IVA test mendeteksk kanker khusus kanker serviks. “Pemeriksaan untuk kanker terutama kanker serviks kita menggunakan IFA test,” tandasnya.

Acara tersebut turut dihadiri Menteri Kesehatan, Nila F Moeloek, Ketua TP PKK Ernu Guntarti Tjahjo Kumolo, Ketua TP PKK DKI Fery Farhati, Wali Kota Jakarta Barat, Anas Effendi dan Kepala Dinas Kesehatan, DKI Koesmedi.

Baca Juga
Lihat juga...