Asprov PSSI DIY Janjikan Liga 3 Digelar Sebelum ‘Deadline’

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

588
Bambang Giri Dwi kuncoro, Ketum Asprov PSSI DIY. Foto: Sodik

YOGYAKARTA — Beberapa asosiasi provinsi (Asprov) PSSI telah menggelar kompetisi Liga 3 zona provinsi. Namun belum ada tanda-tanda kompetisi serupa akan digelar di DIY. Meski begitu, Asprov menjanjikan Liga 3 bergulir sebelum deadline.

“Batas akhirnya kan April kalau tidak salah, nanti kita gelar sebelum itu,” ucap Ketum Asprov PSSI DIY, Bambang Giri Dwi Kuncoro, Senin (26/2/2018).

Menurut Bambang, sebelum menggelar Liga 3 pihaknya terlebih dulu akan menggelar pertemuan dengan stakeholder sepakbola di DIY, mulai sesepuh hingga klub. Pertemuan akan mendiskusikan masa depan sepakbola DIY.

“Kebetulan kemarin kami juga ke Askab PSSI Gunungkidul, kami menerima banyak masukan untuk perbaikan. Seperti itulah yang kami inginkan. Kami ingin komunikasi terus berjalan agar kendala yang dihadapi bisa segera teratasi,” katanya.

Disinggung terkait kontestan Liga 3 tahun ini, pria yang akrab disapa Bakun mengaku belum tahu. Klub peserta, kata dia, baru akan diketahui setelah pertemuan digelar. Asprov, lanjut dia, hanya menggerakkan dan mengoordinasikan sedangkan yang memiliki seluruhnya adalah klub.

“Kami hanya menggerakkan saja dan mengoordinasi. Semuanya yang punya klub, nanti mau bagaimana. Kami hanya mengoordinasi semuanya,” terangnya.

Sebelumnya, Sekjen PSSI Ratu Tisha Destria mengungkapkan, Liga 3 2018 akan terdiri atas dua fase. Ada fase provinsi dan fase nasional. Fase nasional terdiri atas 64 besar. Sebanyak 40 klub yang terdegradasi dari Liga 2 2017 akan menunggu di fase nasional.

Sedangkan sisa 24 klub yang akan bertanding di Liga 3 2018, kata Ratu, akan diisi oleh klub amatir yang terdaftar di asosiasi provinsi. “Tahap itu merupakan transisi nomor satu bagi Liga 3 2018,” katanya.

Untuk Liga 3 2019 bakal mempertandingkan 32 tim untuk fase nasional. Dari 32 tim tersebut, sebanyak 16 tim merupakan tim terbaik dari Liga 3 di tahun sebelumnya. Sedangkan posisi 16 tim sisanya akan diperebutkan klub amatir lainnya.

Baca Juga
Lihat juga...