BPBD Sleman Siapkan Bantuan Korban Angin Kencang

Ilustrasi. Aktivitas di posko bencana BPBD - Foto: Dokumentasi CDN

SLEMAN – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta telah menyiapkan bantuan dan santunan bagi korban bencana angin kencang yang melanda sejumlah titik di wilayah setempat dalam satu pekan ini.

“Kami telah menyiapkan bantuan maupun santunan bagi para korban bencana angin kencang yang terjadi dalam satu pekan ini di sejumlah titik di Sleman,” kata Kepala Bidang Rehabilitasi Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sleman, Dwi Ari, Jumat.

Menurut dia, dana tersebut diambil dari pos dana bantuan sosial (bansos) yang alokasi dana tersebut salah satunya untuk bantuan rumah yang terkena bencana.

“Termasuk santunan bagi korban meninggal dunia, bantuan biaya pengobatan bagi korban luka maupun bantuan renovasi bagi rumah warga yang rusak,” katanya.

Ia mengatakan, bantuan untuk rumah rusak diberikan maksimal Rp12 juta, besaran nilai bantuan renovasi rumah rusak nantinya ditentukan oleh tim verifikasi lapangan sesuai tingkat kerusakannya.

“Sedangkan untuk korban meninggal diberikan santunan uang duka kepada ahli waris sebesar Rp10 juta dan untuk korban luka ringan maupun berat akan ditanggung biaya pengobatannya,” katanya.

Dalam satu pekan ini sejumlah titik di wilayah Kabupaten Sleman dilanda bencana angin kencang yang mengakibatkan puluhan pohon tumbang dan menimpa rumah warga maupun jaringan listrik serta mengakibatkan korban luka.

Data dari Pusat Pengendalian dan Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Sleman bencana angin kencang melanda pada 27 Januari 2018 hingga 1 Februari 2018 di sejumlah titik di Kabupaten Sleman.

Pada 27 Januari angin kencang melanda wilayah enam Kecamatan Ngalik yakni di Sukoharjo satu pohon Mlinjo tumbang melintang dijalan, Kecamatan Ngemplak di Sanggrahan, Wedomartani dua pohon tumbang melintang di jalan, di Kecamatan Kalasan di Dusun Salakan Selomartani satu pohon jati tumbang melintang di jalan, memutus kabel penerangan jalan, Kecamatan pakem di lokasi SD Tarakanita Tritis Purwobinangun, pohon tumbang menimpa jaringan listrik, Kecamatan Turi di Tunggularum Wonokerto satu pohon sengon tumbang melintang di jalan.

Di Kecamatan Cangkringan terjadi di lima titik yakni di Srunen, Glagaharjo satu Pohon Senu diameter 15 cm tumbang menutup akses jalan, Dusun Kalitengah Kidul, Glagaharjo empat pohon tumbang di empat titik yang bedekatan, tumbang melintang di jalan dan memutus jaringan lampu penenrangan jalan, di Manggong Lama, Kepuharjo satu pohon sengon tumbang melintang di jalan, Kalitengah Kidul, Glagaharjo Cangkringan satu pohon Akasian dan satu pohon mindi tumbang melintang di jalan, dan di Dusun Singlar RT 2 RW 13 Glagaharjo, satu pohon jengkol tumbang menimpa rumah Sukimin (RR).

Kejadian angin kencang yang terjadi pada 28 Januari 2018 di Kecamatan Tempel Dusun Kadirojo RT 04/11 Margorejo pohon diameter 30 cm mengganggu akses jalan dan menimpa jaringan PLN, di Kecamatan Kalasan di Perum Purwomartani Baru Blok 2 no 95 RT 10/3 Purwomartani Kalasan. 15 lembar asbes dan empat lembar eternit pecah rumah milik Gani (86), di Dusun Bromonilan Purwomartani, satu batang pohon ketepeng diameter 20 cm tumbang dan menutup jalan kampung dan di Dusun Kaliwaru RT 01/02 Selomartani, rumah milik Sigit Nurhuda asbes terbang.

Kemudian di Kecamatan Cangkringan di Dusun Jaranan Argomulyo satu pohon sengon diameter 70 cm dan satu pohon kelapa menimpa jaringan PLN dan mengganggu akses jalan Cangkringan.

Di Kecamatan Sleman Dusun Ngemplak Caturharjo, Sleman satu pohon sengon diameter 30 cm tumbang menimpa rumah milik Nuning menimpa rumah bagian depan. Di Kecamatan Ngemplak Dusun ogobangsan RT01/03 Bimomartani, satu batang pohon randu diameter 25 cm menimpa jaringan PLN hingga kabel putus, di Dusun Krebet RT 03/01 Bimomartani satu batang pohon melinjo diameter 25 cm menimpa jaringan PLN hingga kabel putus, di Sawahan, Wedomartani satu batang pohon bendo tumbang mengganggu akses jalan.

Angin kencang juga terjadi pada 30 Januari 2018 yang melanda wilayah Kecamatan Kalasan di Dusun Temanggal I Purwomartani Kalasan, satu batang pohon lamtoro tumbang menutup akses jalan menuju Dusun Temanggal I, di Kecamatan Berbah di Kalitirto, satu batang pohon lamtoro menimpa jaringan PLN dan menutup jalan alternatif Berbah ke Blok O, Dusun Plembangan, Jogotirto tiga pohon lamtoromenutup akses jalan dusun, di Kecamatan Prambanan di Jalan Opak Raya, Gangsiran, Madurejo dua batang pohon kleresede tumbang menutup akses jalan Solo-Piyungan, di Kecamatan Ngemplak Dusun Ngasem Umbulmartani satu batang pohon sengon tumbang melintang di jalan akses masuk dusun Ngemplak.

Kemudian pada 30 Januari telah terjadi bencana tiang listrik patah di Dusun Ngentak Rt 4 Rw 23, Sindumartani, Ngemplak menimpa Ngadiyo hingga mengalami luka berat. Kronologi korban pulang dari sawah, ada angin kencang mengakibatkan pohon melinjo tumbang menimpa jaringan listrik, dan menyebabkan tiang listrik patah hingga mengenai korban pada bagian kepala.

Kejadian Angin Kencang pada Kamis 1 Februari 2018 melanda wilayah Kecamatan Kalasan di antaranya di Desa Tirtomartani Dusun Pundong, rumpun bambu tumbang mengenai jaringan listrik dan di Dusun Segaran mengakibatkan genting genting dan gunungan rumah dari bilah bambu jebol.

Di Desa Tamanmartani di Dusun Klurak satu pohon randu dan satu pohon waru tumbang menimpa jaringan telepon, menutup akses jalan dan enam botol bensin milik Tukimin tumpah. Kemudian di Dusun Keniten satu pohon lamtoro tumbang menutup jalan alternatif ke Cangkringan.

Di Dusun Pakem RT 1/ RW 1, meliputi satu pohon sengon tumbang menimpa jaringan lsitrik dan menutup akses jalan kampung serta satu pohon sawo tumbang menimpa jaringan lsitrik dan menutup akses jalan kampung, satu pohon lamtoro tumbang menimpa jaringan listrik serta di Dusun Jongkang satu pohon lamtoro tumbang menutup akses jalan, di Dusun Klurak satu pohon munggur tumbang menutup akses jalan dan pohon sonokeling tumbang menutup akses jalan serta di Dusun Carikan satu pohon mlinjo tumbang menimpa jaringan listrik. (Ant)

Lihat juga...