Bupati Aceh Tengah: Saatnya Takengon Produksi Bibit Kentang

113
Ilustrasi. Komoditi kentang. Dokumentasi CDN
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

BANDA ACEH – Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar menyatakan, sudah saatnya kabupaten tersebut memproduksi bibit kentang sendiri yang selama ini bibit didatangkan dari provinsi lain.

“Banyak warga Kabupaten Aceh Tengah menanam kentang terutama di Kecamatan Atu Lintang, namun bibitnya masih menggunakan bibit yang didatangkan dari Pangalengan, Jawa Barat,” kata Shabela di Takengon, Kamis.

Pernyataan itu disampaikan di sela-sela panen perdana kentang di Kecamatan Atu Lintang Kentang milik kelompok tani Kampung Merah Mege.

Ia menjelaskan, produksi kentang asal Atu Lintang tersebut memiliki kualitas yang bagus sehingga harus menjadi perhatian berbagai pihak untuk menginisiasi sebagai bibit.

“Sudah saatnya Aceh Tengah memproduksi bibit kentang sehingga petani tidak lagi bergantung pada bibit yang didatangkan dari luar kabupaten dan juga provinsi Aceh,” katanya.

Menurut dia dengan bibit kentang yang diproduksi sendiri di Kabupaten Aceh Tengah akan membuat daerah itu mandiri dan petani dapat memangkas biaya produksi.

“Artinya, ini juga akan menghemat biaya produksi yang dikeluarkan setiap petani kentang,” katanya.

Ia juga berharap dengan beroperasinya kawasan ekonomi khusus Lhokseumawe juga akan berdampak pada semakin besarnya permintaan terhadap tanaman hortikultura asal dataran tinggi Gayo.

“Kami juga meminta petani dapat menjaga kualitas termasuk saat memproduksi bibit,” katanya.

Selain memanen kentang, Shabela juga memanen perdana cabe hasil kerja kelompok tani di Kampung Pantan Damar. (Ant)

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.