Dekan UNITAS Padang: Komunikasi Publik, Kalimat Pertama Harus Menggoda

Editor: Satmoko

340

PADANG – Dekan Fakultas Pertanian Universitas Tamansiswa (UNITAS) Padang, Dr. Ir. Jamilah, MP mengatakan, kata-kata dan kalimat pertama dalam berkomunikasi harus menggoda sehingga orang akan lebih tertarik untuk mendengarkan dan memperhatikan apa yang akan disampaikan.

“Kata pertama harus menggoda, bahasa yang kita sampaikan harus tertata. Produk yang kurang bagus saja jika dipoles dengan bahasa yang baik akan membuat orang tertarik untuk membeli,” sebutnya dalam memberikan sambutan “Workshop Public Speaking” yang dilaksanakan di ruang Prof Haryono Suyono Universitas Tamansiswa Padang, Jumat (2/2/2018).

Dijelaskan, dengan komunikasi yang tertata, ide atau produk yang ingin disampaikan atau dipasarkan dapat lebih mudah diterima oleh pasar.

“Cara komunikasi yang salah akan membuat orang enggan mendengarkan lebih lanjut apa yang akan kita sampaikan,” tambahnya.

Ia juga menambahkan, selain public speaking, mahasiswa juga harus menguasai public writing. Keduanya memiliki peran yang sangat penting, karena menyampaikan ide dan produk tidak hanya melalui lisan tetapi juga melalui tulisan.

“Keduanya harus dikuasai dengan baik,” tambahnya.

Ditambahkan Kaprodi Agribisnis Unitas Padang, Syahrial, SP, MSi. Pada umumnya mahasiswa itu memiliki banyak ide, namun rasa percaya diri yang kurang menyebabkan ide tersebut tidak tersalurkan.

“Kegiatan ini bertujuan untuk melejitkan potensi mahasiswa yang terpendam tersebut,” sebutnya.

Dijelaskan, public speaking merupakan sebuah kompetensi dasar yang harus dimiliki mahasiswa agar apa yang disampaikan lebih mudah dipahami oleh orang lain.

“Dengan tata bahasa yang bagus akan mudah menyampaikan maksud dan tujuan dan orang lain akan lebih mudah menerima,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Panitia sekaligus Ketua Himpunan Mahasiswa Agribisnis Unitas Padang, Muhsin Efri Yanto menyebutkan, kegiatan tersebut merupakan inisiasi dari mahasiswa yang ingin meningkatkan kemampuan dalam tata cara berkomunikasi.

“Dalam agribisnis, salah satu hal yang penting itu berkomunikasi dengan orang atau pihak lain. Tentunya kemampuan tersebut harus dikuasai secara maksimal,” sebutnya dalam menyampaikan kata sambutan.

Disampaikan, inisiasi mahasiswa tersebut langsung mendapat tanggapan serius dari Ketua Program Studi Agribisnis, Sayharial yang mengomunikasikan dengan pihak kampus.

“Alhamdulillah pihak Unitas juga memberikan tanggapan positif, bahkan ikut membantu dalam anggaran kegiatan,” tambahnya.

Disebutkan juga kegiatan tersebut merupakan bagian dari rangkaian program kerja Himagri Unitas Padang periode 2017-2018. Agenda lainnya yang akan dilaksanakan di antaranya Himagri Goes to School yang juga dilepas keberangkatannya secara simbolik hari ini.

Duta Agribisnis Unitas Padang/Foto: ME. Bijo Dirajo
Baca Juga
Lihat juga...