Diperiksa 7 Jam, KPK Belum Menahan Zumi Zola

Editor: Irvan Syafari

116
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

JAKARTA —- Gubernur Jambi Zumi Zola (ZZ) tampak meninggalkan Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Merah Putih, sekitar pukul 17:45. Zumi menjalani pemeriksaan sejak pagi hingga petang atau selama sekitar 7 jam.

Dia mendapatkan pengawalan ketat sejumlah petugas keamanan sebelum memasuki mobil dinasnya. Zumi tidak bersedia memberikan keterangan secara rinci kepada wartawan. Dirinya hanya tersenyum. Dia meminta wartawan agar menanyakan secara langsung hasil pemeriksaan yang dilakukan hari ini kepada penyidik KPK.

“Silahkan tanyakan langsung saja kepada penyidik KPK terkait pemeriksaan hari ini. Tadi sudah saya jelaskan semuanya, jadi itu saja yang bisa saya sampaikan. Tadi saya diperiksa terkait suap APBD Provinsi Jambi,” kata Zumi Zola di Gedung KPK Jakarta, Kamis (15/2/2018).

Meskipun telah resmi ditetapkan sebagai tersangka kasus suap pembahasan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Provinsi Jambi Tahun Anggaran (TA) 2018, namun hingga saat ini Zumi Zola belum ditahan.

Penyidik KPK hanya memanggil dan melakukan pemeriksaan terhadap Zumi Zola. KPK masih membutuhkan sejumlah keterangan dan informasi dari Zumi, sebelum dilakukan penahanan.

Zumi diduga mengetahui atau terlibat baik secara langsung maupun tidak langsung dalam kasus perkara dugaan suap APBD Provinsi Jambi. Zumi diduga memerintahkan sejumlah anak buahnya untuk mengatur sedemikian rupa agar APBD Provinsi Jambi disahkan dan disetujui oleh DPRD Provinsi Jambi.

Hingga saat ini penyidik KPK telah menetapkan sejumlah tersangka setelah sebelumnya melakukan kegiatan Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang dilakukan di sejumlah lokasi di Provinsi Jambi. Semua orang yang ditetapkan menjadi tersangka semuanya sudah ditahan, hanya tinggal Zumi saja yang masih bebas.

Meskipun belum menahan Zumi, namun yang bersangkutan dimasukkan dalam daftar cekal atau pencegahan bepergian ke luar negeri, sehingga tidak bisa meninggalkan wilayah Indonesia.

Nama Zumi resmi dimasukkan daftar cekal oleh pihak Direktorat Jenderal (Ditjen) Imigrasi Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Lihat juga...