‘Duta Agribisnis’ Kenalkan Luasnya Potensi Pertanian

Editor: Koko Triarko

247
Ketua Program Studi Agribisnis, Syahrial SP, MSi/Foto: M. Noli Hendra
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

PADANG – Agribisnis di Fakultas Pertanian Universitas Tamansiswa Padang, Sumatera Barat, merupakan prodi yang baru dibuka pada tahun ajaran 2016/2017. Meski terbilang baru, Prodi Agribisnis ini memiliki inovasi yang belum pernah dilakukan oleh agribisnis di perguruan tinggi lainnya.

Ketua Program Studi Agribisnis, Syahrial SP, MSi, mengatakan, sebagai sebuah prodi yang baru di Universitas Taman Siswa Padang, baru memiliki 14 orang mahasiswa, dan perlu dilakukannya inovasi, sebagai upaya pengembangan dan promosi prodi Agribisnis kepada masyarakat.

Ia menyebutkan, inovasi yang dilakukan ialah membuat Duta Agribisnis dan melakukan pelatihan public speaking. Untuk Duta Agribisnis merupakan inovasi dalam upaya mempromosikan Prodi Agribisnis kepada masyarakat. Karena nantinya akan ada beberapa kegiatan yang dilakukan oleh Duta Agribisnis yang terjun langsung ke masyarakat.

Sementara untuk public speaking, bertujuan sebagai upaya memberikan sebuah kompetensi dasar kepada mahasiswa, agar apa yang disampaikan lebih mudah dipahami oleh orang lain.

“Nah, baru tadi siang kita juga telah menggelar loka karya akademik. Kegiatan itu merupakan sebuah evaluasi dari berjalannya kegiatan mahasiswa selama satu semester ini, dan juga nanti ada masukan dan rencana kerja untuk semester selanjutnya,” ujarnya, Kamis (15/2/2018).

Dikatakannya, meski baru memiliki 14 orang mahasiswa di angkatan pertama ini, secara kegiatan yang dilakukan terbilang cukup aktif. Bahkan, dalam waktu dekat, melalui Duta Agribisnis akan melakukan tour ke sekolah-sekolah yang ada di Kota Padang.

Selanjutnya, juga ada kegiatan studi ke Agro Wisata yang ada di Lubuk Minturun, Kecamatan Koto Tangah, Padang. Hal tersebut, merupakan upaya pihak kampus untuk mempromisikan Prodi Agribisnis Universitas Taman Siswa Padang.

Sementara itu, Ketua Himpunan Mahasiswa Agribisnis Universitas Padang, Muhsin Efri Yanto, mengatakan mahasiswa agribisnis berkomitmen untuk mempromosikan Prodi Agribisnis, sembari berjalan ingin menjadikan Prodi Agribisnis memiliki akreditasi.

“Jadi, kami selaku mahasiswa angkatan pertama ingin ikut terlibat dalam mewujudkan Prodi Agribisnis menjadi lebih dikenal dan mendapatkan akreditiasi,” sebutnya.

Maka dari itu, sebuah upaya promosi mahasiswa Agribisnis merencakan akan melakukan tour ke sekolah selama dua minggu. Tour yang dilakukan itu, memberikan pemahaman seputar kuliah tentang agribisnis.

Muhsin menyebutkan, bergerak di bidang agribisnis merupakan peluang yang bagus. Di mana selama ini dalam pertanian, sekedar untuk bertani. Namun, melalui pendidikan yang ditempuh di Prodi Agribisnis, akan banyak hal lagi yang bisa dilakukan dalam sebuah pertanian.

“Jadi, nanti akan ada turun ke lokasi agrowisata. Di sana kita ingin mengetahui seputar agrowisata. Di mana sebuah tempat perkebunan menjadi wisata. Nah, hal ini kan terlihat ada peluang bisnis di dalam pertanian,” tegasnya.

Wakil Duta Agribisnis ini juga mengakui, segala kegiatan dan rencana kerja yang dirancang turut didukung sepenuhnya oleh Fakultas Pertanian, Prodi Agribisnis, Universitas Tamansiswa Padang.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Lihat juga...