Generasi Muda, Pelopor Penanganan Bencana

203
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. Foto: Dokumentasi CDN

SEMARANG  – Kalangan generasi muda dari berbagai latar belakang didorong menjadi pelopor penanganan bencana guna meminimalisasi jumlah korban terdampak bencana.

“Kami meminta BPBD dan PMI untuk ikut menggerakkan kaum generasi muda seperti PMR dan Pramuka untuk terlibat aktif serta menjadi pelopor dalam setiap aktivitas penanganan bencana,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Rabu.

Menurut Ganjar, meningkatnya intensitas cuaca ekstrem yang melanda sejumlah daerah di Jateng harus diwaspadai oleh semua pihak.

Terkait dengan itu, BPBD diminta menggandeng PMI se-Jateng meningkatkan sinergitas penanggulangan bencana agar kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana dapat lebih ditingkatkan.

Sinergitas BPBD dengan kelompok-kelompok peduli bencana, kata dia, sangat dibutuhkan, apalagi Pemprov Jateng dipercaya secara nasional untuk mendorong dan membentuk desa-desa tangguh bencana yang tersistem pada tahun depan.

“Untuk itu dibutuhkan partisipasi dari banyak pihak agar dapat mengedukasi masyarakat dan menciptakan kepedulian terhadap lingkungan masing-masing,” ujarnya.

Pemprov Jateng juga mendorong, memprogramkan, dan akan melakukan sistemisasi pembentukan desa-desa tangguh bencana di berbagai daerah.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko meminta, agar pengurangan risiko bencana dilakukan secara terintegrasi mulai dari pemerintah pusat hingga ke tingkat desa.

“Regulasi, strategi, konsep, dan kebijakan pengurangan risiko bencana dalam penerapannya tidak bisa berjalan sendirian, parsial dan sektoral, melainkan harus terintegrasi serta terkoordinasi,” katanya. (Ant)

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.