Jaga Stabilitas Harga, Bulog Targetkan 2.004 RPK di Kalsel

Editor: Koko Triarko

248
Kepala Bulog Divre Kalsel, Deddy Supriadi. –Foto: Arief Rahman

BANJARMASIN- Guna menjamin kestabilan harga di pasaran selama 2018, Bulog Divisi Regional (Divre) Kalsel menargetkan mampu membangun sekitar 2.004 Rumah Pangan Kita (RPK).

Menurut Kepala Bulog Divre Kalsel Deddy Supriadi, hadirnya banyak RPK di Kalsel, diharapkan mampu menjaga kestabilan harga komoditas strategis di pasaran, khususnya di daerah pedesaan.

“Target kita satu desa satu RPK. Makanya, kita targetkan bisa terbangun 2.004 RPK dari realisasi saat ini yang hanya sekitar 250 RPK,” jelasnya, Kamis (15/2/2018).

Agar hadirnya RPK ini bisa mendorong stabilnya harga komoditas di pasaran, pihaknya mengaku siap menyuplai berbagai komoditas strategis secara langsung kepada RPK yang menjadi mitra Bulog.

“Mulai dari beras, gula dan minyak goreng akan kita suplai secara kontinyu. Bahkan, untuk momen tertentu akan kita tambah komoditas lainnya yang bisa disuplai sesuai momen, misalnya daging dan bawang putih,” tambahnya.

Ia pun optimis, hadirnya banyak RPK di Kalsel, bukan hanya dapat mendorong kestabilan harga, namun juga menciptakan lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat Banua.

“Kita pastikan harga komoditas yang dijual Bulog ke RPK sangat kompetitif, itu supaya RPK bisa menjualnya kembali dengan harga yang terjangkau pada masyarakat,” ungkapnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Perdagangan (Disdag) Kalsel, Bierhasani, mengatakan, menjaga kestabilan harga komoditas menjadi fokus Pemerintah Provinsi Kalsel selama 2018 ini.

Koordinasi dan pengawasan kepada dinas serta instansi terkait dan distributor akan terus dilakukan untuk menjamin kebutuhan komoditas bahan pokok tersedia dengan harga kompetitif di pasaran.

“Sejauh ini di awal tahun harga kebutuhan pokok cukup stabil di pasaran. Kita harapkan tren ini bisa terus berlanjut hingga akhir tahun,” katanya.

Baca Juga
Lihat juga...