Kasus Reklamasi, Ahok Diperiksa Polisi di Tahanan

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

232
Dirkrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Adi Deryan, Foto: Adista Pattisahusiwa

JAKARTA — Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Adi Deryan menyampaikan bahwa pihaknya telah memeriksa mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahya Purnama alias Ahok terkait dengan kasus reklamasi teluk DKI Jakarta.

Pemeriksaan dilakukan di Mako Brimob, Kelapa Dua, Depok, Jawa Barat, dimana Ahok menjalani masa hukuman karena kasus penistaan agama.

“Kita periksa yang bersangkutan pada awal Februari di Mako Brimob,” kata Adi di Mapolda Jaya, Jakarta Selatan, Senin (26/02/2018).

Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya memeriksa Ahok dengan 20 pertanyaan. Selain itu, Adi menjelaskan, pemeriksaan untuk mengetahui dugaan maladministrasi dalam proyek reklamasi teluk Jakarta. Ia tidak menjelaskan lebih detil materi pertanyaan yang diberikan.

Pertanyaan yang berkaitan dengan kebijakan dia berkaitan dengan reklamasi pada saat dia menjadi Gubernur (DKI Jakarta) ya, tutupnya.

Seperti diketahui, kasus ini sudah dinaikkan statusnya dari penyelidikan ke tahap penyidikan karena ditemukannya dugaan korupsi pada proyek reklamasi teluk Jakarta tersebut.

Polisi menduga ada pelanggaran ketika penetapan NJOP pulau C dan D dalam proyek reklamasi teluk Jakarta. Diduga penetapan NJOP pada pulau reklamasi tersebut tidak wajar yakni sekitar Rp3,1 juta per meter persegi.

Baca Juga
Lihat juga...