Katarak Penyebab Kedua Kebutaan di Dunia

Editor: Mahadeva WS

374
Dr. Damara Andalia - Foto Akhmad Sekhu

JAKARTA – Katarak menjadi penyebab kedua kebutaan di dunia. Katarak adalah proses penuaan yakni kondisi dimana lensa mata mengalami keruh. Oleh karenanya hampir semua orang yang usianya di atas 50 tahun akan mengalami katarak.

Hal itu sesuatu yang wajar terjadi pada semua orang yang mengalami proses penuaan. Yang menjadi persoalan adalah adanya pembiaran bahkan ketidakpedulian bahkan ketakutan yang pada akhirnya menyebabkan katarak semakin meningkat.

“Kalau di luar negeri mereka sudah lebih paham akan pentingnya deteksi, apakah sudah katarak apa belum? Mereka ingin tahu apakah sudah harus diperasi,” ujar ujar Dr. Damara Andalia, SpM menjadi Ketua Panitia Acara Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis di RS Mata Jakarta Eye Center (JEC) yang digelar bersama Yayasan Damandiri, Sabtu (24/2/2018).

Di Indonesia disebutnya, masyarakat lebih ke arah kalau sudah ada gangguan atau sudah parah kataraknya baru melakukan penanganan. Ketika derajat kataraknya sudah berat barulah mau operasi. Sementara jika mempergunakan standar dari WHO, kondisi tersebut sudah termasuk kondisi buta.

Katarak hanya bisa diobati dengan dioperasi. Kalau derajatnya sudah mengganggu kegiatan atau sudah boleh operasi oleh operator maka harus dioperasi. Sementara semakin lama di tangani, katarak akan semakin matang dan mata kondisinya semakin keruh.

Saat ini JEC sudah tiga kali kerjasama dengan Yayasan Damandiri dan Bob Hasan untuk melakukan operasi katarak gratis. Dalam bakti sosial yang dilakukan kali ini, ada 30 dokter mata yang dilibatkan secara langsung untuk menangani masyarakat.

Baca Juga
Lihat juga...