Kemendagri Setujui Tiga Pjs Wali Kota di Sumbar

Editor: Koko Triarko

152
Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat, Iqbal Ramadi Payana/ Foto: M. Noli Hendra
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

PADANG — Kementerian Dalam Negeri RI telah memilih nama-nama untuk mengisi jabatan sementara atau penjabat sementara (Pjs) tiga wali kota di Provinsi Sumatera Barat. 

Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat, Iqbal Ramadi Payana, menjelaskan sudah ada tiga yang ditentukan oleh Kemendagri untuk mengisi jabatan di tiga kota yang akan melaksanakan pilkada serentak 2018.

Tiga nama itu, yaitu Alwis, yang merupakan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumatera Barat, yang akan mengisi Pjs untuk Wali Kota Padang.  Sebelumnya, Alwis juga pernah menjadi pejabat (Pj) untuk Bupati Pesisir Selatan pada periode 2015, lalu.

Selanjutnya, Irwan yang merupakan Kepala Biro Organisasi Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat, akan mengisi Pjs untuk Wali Kota Padang Panjang. Irwan belum pernah ditunjuk menjadi pengisi jabatan sementara menjadi kepala daerah.

Lalu, untuk Kota Sawahlunto, Pjs akan diisi oleh Abdul Gafar yang merupakan Kepala Dinas Sosial Sumatera Barat. Abdul Gafar juga pernah menjadi kepala daerah untuk menjadi Wali Kota Bukittinggi pada periode 2015 lalu, saat bersamaan dengan Alwis.

Iqbal mengatakan, sebelum ditetapkannya tiga nama itu, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat telah mengusulkan sembilan nama untuk Pjs Wali Kota di tiga daerah di Sumatera Barat.

Sembilan nama yang diusulkan itu dibagi tiga nama untuk satu daerah. Seperti untuk Kota Padang, tiga nama yang diusulkan, Alwis, Wardarusmen yang merupakan Kepala Biro Administrasi Pembangunan, Jasman Rizal yang merupakan Kepala Biro Humas Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat.

Lalu, tiga nama yang diusulkan lagi untuk Padang Panjang, ada Irwan, dan Luhur Budi dari Kepala Biro Rantau Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat, dan Herizadi L dari Kepala Biro Umum.

Sedangkan untuk Kota Sawahlunto, tiga nama yang diusulkan itu, Abdul Gafar, Heri Nofriadi dari Biro Perekonomian, dan Iqbal Ramadi Payana dari Kepala Biro Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Sumatera Barat.

“Akhirnya Kemendagri memilih tiga nama itu, yang akan dilantik besok di Auditorium Gubernuran,” katanya, Selasa (13/2/2018)

Ketiga Pjs Wali Kota akan mulai menjalankan tugas terhitung sejak pukul 00.00 WIB pada 15 Februari 2018 dan akan berakhir hingga 23 Juni 2018 pada pukul 24.00 WIB.

Sebelumnya, Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, mengatakan, dari empat daerah Kota Padang, Sawahlunto, Padang Panjang dan Pariaman yang mengikuti pilkada serentak 2018, hanya Kota Pariaman yang tidak ditunjuk adanya Pjs.

Penyebab tidak ditunjuk, karena Wali Kota Mukhlis Rahman tidak lagi maju pada pilkada mendatang, karena Mukhlis Rahman sudah dua periode menjabat kepala daerah.

“Makanya hanya tiga nama yang kita perlukan. Untuk itu, saya berharap setelah dilantik besok, jalankan tugas dengan baik,” ucapnya.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Lihat juga...