KPK Benarkan Bupati Lampung Tengah Malam Ini Dibawa ke Jakarta

Editor: Irvan Syafari

601
Juru Bicara KPK Febri Diansyah/Foto; Eko Sulestyono.

JAKARTA —- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akhirnya membenarkan terkait penangkapan Bupati Lampung Tengah yang berisnisial M (Mustafa). Informasi tersebut disampaikan Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Kabiro Humas) KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi sejumlah wartawan di Gedung KPK Jakarta.

Penangkapan Bupati Lampung Tengah tersebut sebenarnya merupakan bagian dari pengembangan penyelidikan pasca kegiatan Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang digelar di Lampung dan Jakarta. Dalam OTT tersebut sedikitnya ada 14 orang yang ditangkap dan diamankan, namun hanya 4 orang yang dibawa ke Jakarta.

Meskipun pada saat OTT tadi malam Bupati Lampung Tengah tidak ikut terjaring, namun akhirnya yang bersangkutan malam ini ditangkap dan diamankan penyidik KPK. Informasinya Bupati Lampung Tengah malam ini dalam perjalanan menuju Gedung KPK Jakarta untuk menjalani pemeriksaan lanjutan.

Namun hingga saat ini belum diketahui status hukum yang bersangkutan. Biasanya penetapan status hukum orang yang terjaring OTT KPK akan diumumkan setelah 1 X 24 jam setelah sebelumnya dilakukan pemeriksaan di Gedung KPK Jakarta. Hingga saat ini belum ada informasi apakah Bupati Lampung Tengah akan ditetapkan atau tidak.

“Benar yang bersangkutan (Bupati Lampung) ikut terjaring kegiatan OTT KPK yang digelar sejumlah lokasi. Saat ini dia sedang dalam perjalanan munuju Gedung KPK Jakarta. Petugas KPK juga masih melakukan kegiatan di lapangan, nanti akan kita sampaikan dalam kesempatan berikutnya” jelas Febri di Gedung KPK Jakarta, Kamis (15/2/2018).

Penangkapan Bupati Lampung Tengah tersebut dilakukan petugas KPK karena yang bersangkutan diduga terlibat, baik secara langsung maupun tidak langsung terkait suap untuk memuluskan pengesahan pinjaman dana anggaran dari sebuah perusahaan perseroan, yaitu PT SMI. Perusahaan ini merupakan salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di bawah Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

“Selain mengamankan yang bersangkutan, KPK juga berhasil menyita barang bukti lainnya di antaranya sejumlah uang tunai, yang jumlahnya masih dihitung petugas KPK. Namun nilai uang yang ditemukan diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah,” pungkas Febri.

Baca Juga
Lihat juga...