KPK: OTT Bupati Subang Terkait Prinsip Perizinan Penggunaan Lahan

Editor: Irvan Syafari

201
Juru Bicara KPK Febri Diansyah/Foto; Eko Sulestyono.

JAKARTA —- Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Kabiro Humas) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diasnyah menjelaskan, kegiatan OTT KPK di wilayah Kabupaten Subang, Jawa Barat, diduga berkaitan dengan sejumlah prinsip atau prosedur perizinan penggunaan lahan untuk kepentingan pihak swasta.

Saat ini penyidik KPK sedang mandalami dugaan keterkaitan Bupati Subang dengan penyalahgunaan sejumlah perizinan lahan.

Bupati Subang berinisia IA (Imas Ayumningsih) diduga menerima sejumlah uang yang diduga sebagai suap atau penerimaan gratifikasi. Yang bersangkutan bersama sejumlah orang lainnya saat ini sedang diperiksa dan dimintai keterangannya oleh penyidik KPK di Gedung KPK Jakarta.

Menurut Febri, Bupati Subang diduga menyalahgunakan kewenangan terkait dengan jabatannya. Yang bersangkutan selama ini diduga telah menerima sejumlah imbalan atau commitment fee dari pengusaha atau pihak swasta agar dapat izin terkait penggunaan lahan tersebut.

“Kegiatan OTT KPK di Subang diduga berkaitan dengan sejumlah prinsip perizinan penggunaan lahan oleh pihak ketiga atau pihak swasta. Bupati Subang diduga menyalahgunakan kewenangan dan jabatanmya terkait keluarnya perizinan tersebut. Untuk sementara hanya itu yang bisa saya sampaikan, informasi selengkapnya terkait OTT KPK di Subang akan kita sampaikan saat jumpa pers,” kata Febri di Gedung KPK, Kamis (14/2/2018).

Menurut Febri hingga saat ini penyidik KPK masih terus mendalami perizinan lahan mana saja yang selama ini disalahgunakan oleh Bupati Subang. Petugas KPK dilaporkan masih melakukan sejumlah kegiatan di wilayah Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kegiatan tersebut dilakukan untuk mencari dan menemukan sejumlah barang bukti tambahan

“Hingga saat ini belum diketahui lahan mana saja yang disalahgunakan perizinannya oleh Bupati Subang. Yang jelas lahan tersebut merupakan lahan strategis. Petugas KPK belum melakukan penggeladahan atau penyegelan terkait OTT Bupati Subang tersebut. ” ujar Febri.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

” pungkas Febri.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.