KPK Panggil Saksi-Saksi Tersangka Dugaan Pencucian Uang

Editor: Koko Triarko

169
Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah –Foto: Eko Sulestyono

JAKARTA – Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memanggil sejumlah saksi dalam kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU) untuk tersangka Yudi Widiana Adia, mantan Anggota Komisi V Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Kabiro Humas KPK, Febri Diansyah, saat dikonfirmasi wartawan di Gedung KPK Jakarta, Rabu (28/2/2018), membenarkan terkait pemeriksaan yang dilakukan penyidik KPK terhadap sejumlah saksi untuk tersangka Yudi Widiana tersebut. Sedikitnya ada tiga orang saksi yang dipanggil, yakni Muhammad Kurniawan (Anggota DPRD Bekasi), Yono alias Opang dan Aan.

“Salah satu saksi penting yang dipanggil KPK adalah Muhammad Kurniawan, Anggota DPRD Bekasi. Pemeriksaan saksi-saksi merupakan pemgembangan kasus dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU)”, jelas Febri Diansyah.

Febri Diansyah juga menjelaskan, kasus dugaan TPPU yang diduga dilakukan oleh tersangka Yudi Widiana Adia, merupakan pengembangan dari kasus korupsi sebelumya, yaitu penerimaan suap atau gratifikasi yang juga dilakukan Yudi Widiana. Dengan demikian, yang bersangkutan dijerat dengan dua sangkaan sekaligus, yaitu dugaan korupsi dan TPPU.

Yudi Widiana telah ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan penerimaan suap atau gratifikasi terkait proyek pembangunan sejumlah jalan di Provinsi Maluku dan Maluku Utara. Yang bersangkutan diduga telah menerima sejumlah imbalan atau commitment fee terkait persetujuan atau pengesahan anggaran pembangunan jalan di wilayah Maluku.

Berdasarkan penyelidikan KPK, Yudi Widiana diduga telah membeli sejumlah aset dan bangunan dengan menggunakan uang hasil suap atau gratifikasi yang berasal dari sejumlah proyek pembangunan sebelumnya telah disetujui oleh Komisi V DPR RI. Yudi Widiana diketahui telah membeli sejumlah tanah dan bangunan, kemudian juga membeli sejumlah mobil dan barang-barang berharga lainnya.

Tersangka Yudi Widiana telah ditahan oleh KPK dan sementara dititipkan di Rumah Tahanan (Rutan) KPK. Yudi Widiana saat ini diketahui sedang menghadapi persidangan kasus dugaan penerimaan suap atau gratifikasi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipkor) Jakarta.

“Tersangka YWA (Yudi Widiana Adia) disangkakan telah melakukan pencucian uang yang berasal dari pemberian PT. CMP, agar yang bersangkutan menyetujui atau mengesahkan anggaran untuk membiayai sejumlah proyek pembanggunan jalan di Provinsi Maluku dan Maluku Utara”, pungkas Febri Diansyah.

Baca Juga
Lihat juga...