KPK Sita Uang Suap Ratusan Juta Rupiah Terkait OTT Bupati Subang

Editor: Irvan Syafari

135
Juru Bicara KPK Febri Diansyah/Foto: Eko Sulestyono.
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

JAKARTA —- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berhasil menyita sejumlah barang bukti berupa uang tunai yang nilainya diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah.

Uang tunai tersebut berhasil ditemukan petugas KPK pada saat melakukan kegiatan Operasi Tangkap Tangan (OTT) di wilayah Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Kabiro Humas) KPK Febri Diansyah saat dihubungi sejumlah wartawan di Gedung KPK menjelaskan bahwa uang tunai tersebut hingga saat ini masih dihitung nilainya. KPK menduga bahwa uang tersebut merupakan bagian dari commitment fee yang nilainya diduga mencapai miliaran rupiah.

“Petugas KPK berhasil menyita sejumlah uang tunai yang nilainya mencapai ratusan juta rupiah, uang tersebut sedang dihitung berapa jumlahnya. KPK meyakini bahwa temuan uang tunai tersebut merupakan bagian dari commitment fee yang diduga mencapai miliaran rupiah,” jelas Febri di Gedung KPK Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Hingga saat ini peyidik KPK masih terus melakukan pemeriksaan sekaligus mendalami dari mana asal uang tersebut dan dipergunakan untuk apa saja. Namun yang jelas uang tersebut merupakan bagian dari uang suap atau penerimaan gratifikasi sebagai bentuk imbalan atau rasa terimakasih.

Febri menjelaskan bahwa uang tunai ratusan juta rupiah, yang ditemukan petugas KPK diduga berkaitan dengan sejumlah kewenangan perizinan proyek-proyek strategis di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang, Jawa Barat. Bupati Subang diduga sudah lama menikmati sejumlah uang yang diduga suap atau gratifikasi tersebut.

Kasus dugaan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) tersebut terungkap pada saat KPK menggelar kegiatan OTT di wilayah Kabupaten Subang, Jawa Barat. Total ada 8 orang yang berhasil ditangkap dan diamankan petugas KPK, salah satu di antaranya adalah Bupati Subang berinisial IA (Imas Ayumningsih).

Berdasarkan pantauan Cendana News dari Gedung KPK Jakarta hingga saat ini pemeriksaan terhadap 8 orang, yang ditangkap dan diamankan petugas KPK saat OTT di Subang, Jawa Barat, masih terus berlangsung. Tidak tertutup kemungkinan akan ada tersangka baru yang menurut rencana diumumkan KPK nanti sore atau petang.

“Kalau tidak ada perubahan, nanti sore atau petang akan digelar jumpa pers terkait kegiatan OTT KPK di wilayah Subang, Jawa Barat. Jumpa pers baru bisa dilaksanakan setelah yang bersangkutan menjalani pemeriksaan selama 1 X 24 jam di Gedung KPK Jakarta,” pungkas Febri.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Lihat juga...