KPU Balikpapan Ingatkan Paslon Cagub-Cawagub Patuhi Aturan

Editor: Koko Triarko

155
Ketua KPUD Balikpapan, Noor Thoha. –Foto: Ferry Cahyanti

BALIKPAPAN – Jelang masa kampanye Pemilihan Gubernur (Pilgub) Provinsi Kalimantan Timur, Komisi Pemilihan Umum Kota Balikpapan mengingatkan kepada tim kampanye untuk memperhatikan aturan terkait kampanye maupun alat peraga.

Berdasarkan Peraturan KPU (PKPU) Nomor 4 Tahun 2017 Tentang Kampanye, khususnya desain, maupun titik lokasi untuk pemasangan alat peraga harus sesuai dengan kesepakatan bersama dalam rapat dengan pemerintah setempat.

“Untuk ukuran baliho, billboard maupun videotron untuk masing-masing calon telah diatur dan dalam pemasangan di sejumlah kecamatan,” ucap Ketua KPUD Balikpapan, Noor Thoha, Rabu (14/2/2018).

Karena itu, pihaknya mengingatkan kepada tim kampanye untuk memperhatikan aturan yang sudah disosialisasikan sebelum masa kampanye berlangsung.

Diketahui sesuai aturan, untuk ukuran baliho, billboard maupun videotron paling besar 4 x7 meter dan paling banyak lima buah, masing-masing pasangan calon untuk setiap kabupaten dan kota.

Sedangkan untuk umbul-umbul paling besar ukuran 5 x 1,15 meter dan paling banyak 20 untuk setiap kecamatan. Sedangkan spanduk ukuran 1,5 x 7 meter, paling banyak 2 setiap pasangan calon untuk setiap desa atau kelurahan.

Selain itu, pada hari ini, Rabu (14/2) sejumlah Ketua dan anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan seluruh Panitia Pemungutan suara (PPS) se-Kota Balikpapan mengikuti bimbingan teknis.

“Bimtek kali ini adalah untuk menyamakan presepsi tentang bagaimana cara menyusun daftar pemilih, meminimalisir pemilih yang tidak tertinggal sekaligus meminimalisir kendala-kendala yang ada di lapangan,” sebutnya.

Dalam bimtek ini, menurutnya, juga dilakukan evaluasi tahapan pencocokkan dan penelitian yang dilakukan Petugas Pemutakhiran Data Pemilih atau PPDP, mengingat sudah memasuki 10 hari terakhir.

“Rencananya pada tanggal 18 Februari nanti adalah hari terakhir melakukan pencoklitan,” imbuh Thoha.

Sementara itu, setelah dilakukan penetapan pada Selasa (13/2), Cagub dan Cawagub telah mengambil nomor yang diselenggarakan oleh KPU Provinsi Kaltim, di Kota Samarinda.

Pasangan Sofyan Hasdam-Nuryiswan Ismail mendapat nomor 1. Pasangan Syahrie Jaang-Awang Ferdian mendapat nomor 2. Pasangan Isran Noor-Hadi Mulyadi mendapat nomor urut 3 dan Pasangan Rusmadi Wongso-Safaruddin mendapat nomor urut 4.

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.