Lewat Posdaya Ganesha, Melisiani Kini Miliki Belasan Ekor Kambing di Rumahnya

Redaktur: ME. Bijo Dirajo

256

YOGYAKARTA — Keberadaan Posdaya Ganesha yang ada di dusun Tegalrejo, Bawuran, Pleret, Bantul, mampu membuat seorang ibu rumah tangga, Melisiani (50) memiliki pekerjaan sambilan sebagai peternak dengan belasan ekor kambing di rumahnya.

Melisiani merupakan satu dari sekian banyak warga dusun Tegalrejo, Bawuran, Pleret, yang mendapatkan program bantuan pengentasan kemiskinan melalui Posdaya Ganesha.

Posdaya Ganesha menjadi semacam jembatan bagi warga agar dapat mengakses program pemerintah dalam rangka mendorong kemandirian dan peningkatan ekonomi warga.

Wanita paruh baya yang sehari-hari bekerja dengan membuat usaha catering kecil-kecilan di rumahnya ini, mengaku mulai tertarik menjadi peternak sejak adanya program kegiatan pengentasan kemiskinan Posdaya di dusunnya.

Memanfaatkan program bantuan ternak dari pemerintah, Posdaya Ganesha dusun Tegalrejo, Bawuran, Pleret, menggandeng warga berpenghasilan rendah agar memiliki usaha sambilan. Terlebih dusun Tegalrejo, memiliki potensi pakan hijauan yang melimpah untuk ternak.

“Beberapa tahun lalu saya dapat bantuan ternak kambing senilai Rp2juta. Lalu saya belikan 2 ekor kambing gembel. Setelah beberapa tahun, ternyata kambing terus beranak dan bertambah banyak, saya hitung hingga sekarang sudah ada 13 ekor,” katanya.

Dalam menekuni usaha sambilan, Melisiani mengaku rutin ngarit atau mencari rumput untuk pakan hijauan ternaknya setiap sore hari, selepas pekerjaan utamanya membuat makanan ringan selesai. Jika ia sedang banyak pesanan, ia biasa dibantu suaminya dalam mencari rumput.

Selain menjadi tambahan penghasilan, usaha ternak kambing yang diprakarsai Posdaya Ganesha di dusunnya membuat Melisiani memiliki simpanan tabungan yang bisa digunakan sewaktu-waktu untuk kebutuhan tidak terduga. Seperti misalnya ketika hendak mengadakan hajatan, hingga membiayayai sekolah anak-anaknya.

“Kalau pesanan sedang sepi, kambing bisa dijual untuk kebutuhan sehari-hari. Beberapa waktu lalu saya juga bisa membiayai sekolah anak, berkat hasil dari menjual kambing yang saya pelihara ini,” katanya.

Melisiani yang dulunya enggan memelihara kambing ini, mengaku akan terus berupaya mengambangkan usaha sambilan ternaknya. Pasalnya ia mengaku sudah merasakan sendiri manfaat yang bisa didapatkan dengan menjadi peternak.

Baca Juga
Lihat juga...