Mentan Dukung Gorontalo Kembalikan Kejayaan Kelapa

199
Ilustrasi -Dok: CDN

GORONTALO – Menteri Pertanian RI, Andi Amran Sulaiman, mengapreasiasi keinginan Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, untuk mengembalikan kejayaan kelapa Indonesia.

“Saya sangat mengapreasiasi hal itu, karena kelapa memiliki berbagai khasiat, hal ini perlu didorong,” ujarnya, usai panen raya jagung dan pemberian bantuan kepada petani Gorontalo, di Kecamatan Tibawa, Kabupaten Gorontalo, Rabu (14/2/2018).

Ia mengungkapkan, pada hari ini pihaknya memberikan bantuan bibit kelapa untuk masyarakat dan petani Gorontalo yang merupakan perintah dari Presiden Joko Widodo.

“Kita mendorong produksi komoditas strategis, dan ini adalah perintah Presiden dan Wakil Presiden pada rapat kabinet,” ujarnya.

Amran menjelaskan, pemerintah pusat berusaha mendorong produksi komoditas yang dapat diekspor seperti kelapa, pala, dan cengkih.

Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo, sejak 2017 lalu bertekad mengembalikan kejayaan kelapa Indonesia.

Bupati Nelson yang juga Ketua Koalisi Nasional Kabupaten Penghasil Kelapa (KPK) memaparkan, bahwa industri kelapa pernah berkontribusi besar terhadap perekonomian Indonesia sekitar tahun 1920 hingga 1940-an.

Karena itu, melalui Koalisi Pemerintah Kabupaten Penghasil Kelapa yang secara resmi terbentuk pada 27 November 2017 di Gorontalo lalu, dalam temu nasional Kabupaten penghasil kelapa bertekad mengembalikan kejayaan kelapa.

“Koalisi KPK akan menjadi kekuatan baru dalam pembenahan sektor hulu dan hilir kelapa nasional mengejar ketertinggalan itu,” ujarnya. (Ant)

Lihat juga...

Komentar Anda

Alamat email anda tidak akan disiarkan.