OTT KPK Amankan Delapan Orang, Termasuk Bupati Subang

Editor: Satmoko

392
Juru Bicara KPK Febri Diansyah. Foto: Eko Sulestyono.

JAKARTA – Petugas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dilaporkan kembali menggelar kegiatan Operasi Tangkap Tangan (OTT). Kali ini OTT KPK digelar di sejumlah lokasi yaitu di wilayah Kabupaten Subang, Provinsi Jawa Barat.

Kegiatan OTT KPK tersebut berhasil menangkap dan mengamankan sejumlah orang. Salah satu orang yang terjaring OTT KPK adalah Bupati Subang yang berinisial IA (Imas Ayumningsih) yang masih aktif menjabat hingga saat ini.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat (Kabiro Humas) KPK Febri Diansyah saat dikonfirnasi wartawan di Gedung KPK Jakarta membenarkan terkait adanya kegiatan OTT KPK di wilayah Subang, Jawa Barat.

Menurut Febri Diansyah, sedikitnya ada 8 orang yang berhasil ditangkap dan diamankan, salah satunya adalah IA (Imas Ayumningsih) yang saat ini masih menjabat sebagai Bupati Subang.

Febri Diansyah mengatakan, benar ada kegiatan OTT KPK di wilayah Subang, Jawa Barat, kegiatan tersebut digelar sejak tadi malam atau Selasa (13/2/2018).

“Kedelapan orang tersebut terdiri dari berbagai unsur, masing-masing pegawai setempat, kurir, swasta dan juga pejabat penyelenggara negara yaitu Bupati Subang,” jelasnya saat dikonfirmasi wartawan di Gedung KPK Jakarta, Rabu (14/2/2018).

Berdasarkan pantauan Cendana News dari Gedung KPK Jakarta melaporkan bahwa 8 orang yang terjaring OTT KPK sudah dibawa ke Gedung KPK Merah Putih, Jalan Kuningan Persada, Kuningan, Jakarta Selatan, sejak tadi malam.

Menurut Febri Diansyah, petugas KPK juga berhasil menyita sejumlah barang bukti yaitu uang tunai yang diduga merupakan commitment fee atau imbalan terkait dengan perizinan sejumlah proyek di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Subang, Jawa Barat.

Penyidik KPK punya waktu 1 X 24 jam untuk menentukan status hukum 8 orang yang diamankan pada saat OTT KPK. Setelah pemeriksaan selesai maka KPK akan segera mengumumkam siapa saja yang hanya bertatus sebagai saksi dan bertatus sebagai tersangka.

“Hingga saat ini kedelapan orang yang terjaring OTT KPK di wilayah Subang, Jawa Barat langsung menjalani pemeriksaan di Gedung KPK Jakarta,” pungkas Febri Diansyah.

Baca Juga
Lihat juga...