Pegiat Literasi Gandeng Anak Pesisir Rawat Ekosistem Sejak Dini

Editor: Irvan Syafari

151
Want create site? Find Free WordPress Themes and plugins.

LAMPUNG — Pegiat literasi Lampung Selatan, pegiat wisata dan satuan polisi perairan Polres Lampung Selatan bersinergi menjaga ekosistem pesisir selatan Lampung melalui edukasi dan literasi.

Menurut Brigadir Polisi Kepala Agung Gde Asmarajaya selaku Bhabinkamtimbas wilayah perairan Polairud Polres Lamsel,kegiatan menjaga lingkungan pesisir pantai dilakukan menyasar anak anak.

Bersama Ardiyanto pegiat literasi Motor Perahu Pustaka, Heri Juna, seorang pegiat wisata, Niluh Dewi dari Jangkar Pustaka dan Asror dari Taman Baca Muara Piluk menebar buku bacaan di Dusun Sukarame.

Kegiatan menebar buku bacaan tersebut diakui Bripka Agung GA sekaligus memberi pemahaman kepada anak anak pentingnya menjaga ekosistem pantai.

Maraknya pencurian kayu stigi, yang merusak pesisir pantai berimbas pada abrasi pantai di wilayah tersebut. Langkah menebar buku bacaan disebut Agung GA untuk memperkenalkan anak anak budaya membaca sekaligus pintu masuk menggandeng anak anak mencintai lingkungan.

“Buku bacaan yang dibawa oleh pegiat literasi di antaranya merupakan buku tentang lingkungan. Setelah itu anak anak mendapatkan pemahaman cara menjaga ekosistem pantai, salah satunya menjaga tanaman yang ada di pesisir pantai,” terang Brigadir Kepala Agung Gde Asmarajaya, saat dikonfirmasi Cendana News, Kamis (15/2/2018)

Sasaran mengedukasi anak anak disebut Agung Gde dan pegiat literasi untuk memperkenalkan generasi muda pentingnya menjaga lingkungan pantai.

Setelah membaca buku bacaan yang dibawa anak anak diajak mengenal beberapa jenis tanaman pelindung abrasi pantai di wilayah tersebut.

Beberapa tanaman pelindung pantai disebutnya berupa stigi, mangrove, ketapang, pulut-pulut, kemiri laut, kelapa serta jenis tanaman lain.

Selain mendapatkan edukasi cara menjaga dan melindungi kawasan pesisir pantai, anak anak juga diajak menanam langsung bibit mangrove.

Ratusan bibit mangrove jenis pulut-pulut (candelia candel), yang bibitnya diperoleh dari wilayah pesisir tersebut, bahkan langsung di kawasan berlumpur sebagai habitat alami tanaman tersebut.

“Anak anak juga diberi penjelasan dampak positif keberadaan tanaman pesisir pantai sebagai penjaga abrasi gelombang dan langsung bergerak menanam mangove,” ujar Bripka Agung GA.

Heri Juna, salah satu pegiat wisata di wilayah Lampung Selatan menyebut menjaga ekosistem pantai merupakan hal yang sangat positif. Sejak usia dini anak anak, yang tinggal di dekat kawasan wisata diajak untuk mencintai lingkungan sehingga tetap lestari. Peranan pegiat literasi dan polisi disebutnya ikut mendukung upaya pelestarian lingkungan di pesisir Lampung.

Selain memberi sosialisasi kepada anak anak,kegiatan menebarkan buku oleh pegiat literasi juga sekaligus melakukan sosialisasi menjaga lingkungan.

Selain kegiatan penanaman ratusan bibit mangrove, mereka memasangan himbauan larangan merusak tumbuhan di pesisir dalam bentuk banner di pasang di objek wisata Pantai Tanjung Tua Pasir Putih.

“Tempat wisata pesisir Pantai Tanjung Tua Pasir Putih, sekaligus jadi eko wisata, karena lokasi ini banyak ditumbuhi jenis mangrove langka dan stigi yang banyak diburu para kolektor,” terang Heri Juna.

Mutardo selaku penjaga pantai Tanjung Tua Pasir Putih menyebut ada sekitar 3000 pohon stigi di wilayah tersebut. Upaya dilakukan oleh kelompok sadar wisata dengan melakukan pemasangan papan himbauan larangan merusak tanaman stigi.

Selain menjaga keindahan pantai wisata tersebut ekosistem kayu stigi di wilayah tersebut sekaligus menjadi objek wisata alam yang masih alami dan terjaga.

Beberapa papan himbauan larangan merusak mangrove, stigi di wilayah tersebut menurut Mutardo kerap diabaikan oleh oknum tak bertanggungjawab.

Selain pencurian kayu stigi dilakukan malam hari, sebagian mempergunakan jalur laut sehingga sulit dilacak. Imbasnya pohon penahan abrasi tersebut banyak ditebang menyisakan areal pesisir yang gundul tanpa ada tanaman stigi.

Did you find apk for android? You can find new Free Android Games and apps.
Lihat juga...