Pelatihan Guru PAUD Desa Mandiri Lestari Brebes Berbasis Kearifan Lokal

Editor: Koko Triarko

309

BREBES – Yayasan Damandari (Dana Sejahtera Mandiri) telah menetapkan Desa Pesantunan, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tegah, sebagai percontohan Desa Mandiri Lestari (DML) sejak 2017. Penetapan ini karena desa tersebut dikategorikan sebagai salah satu desa miskin di Jawa Tengah.

Melalui program Desa Mandiri Lestari, Yayasan Damandiri merenovasi beberapa lembaga pendidikan anak usia dini (PAUD) dan kemudian memberikan pelatihan kepada para guru PAUD tingkat lanjutan pada 19-26 Februari 2018.

“Kita menyambut dengan baik kegiatan pelatihan PAUD untuk guru PAUD desa Pesantunan ini, “ kata Narjo, S.H, Wakil Bupati Brebes, saat membuka acara pelatihan PAUD, beberapa waktu yang lalu.

Narjo menerangkan, ia senang dengan adanya kegiatan pelatihan PAUD untuk guru PAUD di Pesantunan. “Ini artinya negara hadir dalam meningkatkan kemampuan guru PAUD,“ terangnya.

Narjo, S.H, Wakil Bupati Brebes (berpeci) membuka pelatihan. –Foto: Ist/ Akhmad Sekhu

Narjo menyampaikan rasa terima kasih atas kepedulian dan fasilitasi Yayasan Damandiri di Brebes, khususnya di Desa Pesantunan. “Sebagai Wakil Bupati Brebes, saya mengucapkan banyak terima kasih,“ ungkapnya.

Dengan diadakannya pelatihan PAUD ini, Narjo berharap ibu-ibu guru PAUD di desanya bertambah wawasannya.

Pelatihan guru PAUD diikuti oleh 30 guru dari enam sekolah, yaitu empat PAUD dan dua TK. Masing-masing sekolah mendelegasikan lima guru. Keenam sekolah tersebut adalah PAUD Jambu Air, PAUD Maju Bersama, PAUD Melati Damandiri, PAUD Assalafiyah, TK Aisyiyah Bustanul Atfal Pesantunan, TK Muslimat NU Pesantunan.

Safrul Hidayat, Ketua KUD Berkah Damandiri Pesantunan, sebagai tim pelaksana, berharap pelatihan ini mampu meningkatkan keterampilan ibu guru PAUD dalam kegiatan pembelajaran dan mampu menambah wawasan.

“Kita juga berharap ibu guru PAUD mampu memperoleh ilmu untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan anak didik,“ katanya.

Ada pun fasilitator kegiatan yang media belajarnya berbasis kearifan lokal ini adalah dosen-dosen dari prodi PG PAUD Universitas Trilogi Jakarta. “Kearifan lokal ini di antaranya pengetahuan lokal, keterampilan lokal, kecerdasan lokal, sumberdaya lokal, proses sosial lokal, norma-etika lokal, dan adat Istiadat lokal”, jelasnya.

Baca Juga
Lihat juga...